8. Bahasa Rusia – 258 juta penutur

Bahasa ini digunakan seluas wilayah Rusia yang terbentang dari Eropa utara sampai Siberia Timur. Bahasa Rusia adalah campuran yang dihasilkan antara bahasa Slavia dan Yunani klasik.

9. Portugis – 234 juta penutur

Meski hanya diturunkan di Portugal dan Brasil, Bahasa Portugis tetap punya jumlah yang banyak.

10. Bahasa Indonesia – 200 juta penutur

Bahasa yang paling banyak digunakan umat manusia Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Nah, di urutan sepuluh ada bahasa Ibu Pertiwi yang dituturkan oleh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Meskipun mayoritas penduduk Indonesia saat ini bilingual, bahasa Indonesia adalah bahasa ibu mereka. Faktanya, bahasa ini lebih sering digunakan kota-kota besar di Indonesia daripada di pedesaan karena masih banyak yang sehari-hari berbicara dengan bahasa lokal.

11. Urdu – 170 juta penutur

Bahasa Urdu adalah bahasa yang digunakan secara resmi oleh Pakistan. Bahasa Urdu ditulis dari kanan ke kiri dengan alfabet yang sama digunakan untuk bahasa Arab dan Persia.

12. Bahasa Jepang – 150 juta penutur

Meski Jepang hanya memiliki panjang 377.975 kilometer, Jepang memiliki 126 juta penduduk. Selain orang Jepang asli, Bahasa Jepang juga banyak dipelajari oleh para penggemar produk pop culture dari negara samurai ini seperti Manga, Anime, dan lain sebagainya.

13. Bahasa Jerman – 135 juta penutur

Pengaruh Jerman di Eropa menjadikan bahasanya yang sangat menarik untuk dipelajari. Bahasa ini juga digunakan di Austria, Swiss, Luksemburg, Liechtenstein, dan Belgia, serta di berbagai wilayah di Eropa tengah.

14. Punjabi – 100 juta penutur

Punjabi adalah bahasa Indo-Eropa yang digunakan di India timur, di wilayah Punjab. Punjab adalah rumah bagi beberapa peradaban tertua di dunia, yakni di Lembah Indus. Oleh karena itu, studi tentang bahasa mereka sangat menarik bagi para ahli bahasa dan cendekiawan.