15. Bahasa Jawa – 84 juta penutur

Bahasa yang paling banyak digunakan umat manusia Berbagai sumber

foto: Instagram/@indra.hakim

Nah! ternyata di urutan 15 ada bahasa Jawa lho, guys. Selain di pulau Jawa, bahasa ini juga digunakan orang-orang suku Jawa yang berdiaspora di berbagai wilayah Indonesia dan Suriname.

16. Wu Chinese – 80 juta penutur

Salah satu dialek Bahasa Cina ini digunakan di Taiwan, Hong Kong, dan Singapura.

17. Telugu – 79 juta penutur

Telugu adalah salah satu bahasa daerah India yang digunakan terutama di bagian barat negara itu. Tepatnya di wilayah Telangana dan Andhra Pradesh. 

18. Bahasa Turki – 78 juta penutur

Bahasa Turki disebut sebagai bahasa penghubung antara benua Asia dan Eropa. Banyak kosakata dari bahasa ini terserap dari kombinasi bahasa-bahasa di Eropa dan Asia terutama Timur-tengah.

19. Bahasa Korea – 77 juta penutur

Bahasa Korea adalah bahasa resmi Korea Selatan dan Korea Utara. Teknologi adalah alasan utama orang-orang luar Korea mempelajari bahasa ini. Selain itu, gempuran budaya populer dari negara ginseng ini menjadikan anak-anak muda tertarik mempelajari bahasa Korea.

20. Marathi – 74 juta penutur

Bahasa yang paling banyak digunakan umat manusia Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Bahasa Marathi juga adalah bahasa lokal di India. Menariknya, bahasa Marathi dinilai punya tradisi sastranya yang menakjubkan. Banyak sastrawan India yang terkenal adalah penutur asli bahasa ini. Selain itu, bahasa Marathi juga digunakan di kita Mumbai.