1. Bahasa Inggris – 1,12 miliar penutur

Bahasa yang paling banyak digunakan umat manusia Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia pada abad ini. Hal tersebut merupakan akibat pengaruh global Inggris dan Amerika Serikat dalam tiga abad terakhir.

Meski tak digunakan sebagai bahasa resmi di semua negara, Bahasa Inggris diakui sebagai lingua franca abad ke-21.

2. Mandarin Mandarin – 1,107 juta penutur

Sebagai negara besar, China menjadikan bahasa Mandarin sebagai bahasa dengan penutur asli terbanyak. Beberapa tahun ini juga dikabarkan semakin banyak orang-orang luar China yang tertarik mempelajari Bahasa Mandarin untuk kebutuhan bisnis di negara tirai bambu tersebut.

3. Bahasa Hindi – 698 juta penutur

Sama seperti Bahasa Mandarin, Bahasa Hindi juga jadi bahasa terbanyak seiring dengan jumlah populasi warga negara India yang tinggi. Bahasa ini juga dipelajari untuk kebutuhan bisnis oleh banyak orang luar India.

4. Bahasa Spanyol – 512 juta penutur

Bahasa Spanyol digunakan sebagai bahasa resmi di negara Spanyol, 19 negara di Benua Amerika, serta satu di Afrika. Fakta unik, di Amerika Serikat sudah ada lebih banyak penutur bahasa Spanyol daripada di negara Spanyol sendiri.

5. Bahasa Perancis – 284 juta penutur

Bahasa yang paling banyak digunakan umat manusia Berbagai sumber

foto: pixabay.com

Selama berabad-abad, bahasa Perancis dianggap sebagai bahasa seni dan budaya. Perancis memang dikenal sebagai pusat kesenian dan kebudayaan serta ilmu pengetahuan di bidang humaniora. Berbagai karya seni dan pemikiran berbagai bidang telah ditelurkan di negara Napoleon ini.

6. Bahasa Arab – 273 juta penutur

Keindahan bahasa ini terus memukau para ahli bahasa di seluruh dunia. Bahasa Arab juga dikenal sebagai bahasanya umat Muslim sedunia. Karena cara beribadah dan kitab sucinya berbahasa Arab, bahasa ini pun mau tidak mau wajib dipelajari oleh setiap Muslim.

7. Bengali – 265 juta penutur

Bahasa ini merupakan bagian dari sub-cabang Indo-Arya Timur. Saat ini, bahasa Bengali dipakai di dua tempat yakni di Bangladesh dan Benggala Barat.