Brilio.net - Tidur menjadi kebutuhan setiap orang. Kesulitan tidur pada malam hari bisa mengganggu siapa saja. Apalagi jika setelah lelah beraktivitas seharian, pasti seseorang ingin segera istirahat dan tertidur. Namun, banyak orang yang mengalami gangguan tidur, mungkin kamu salah satunya. Kondisi sulit tidur ini disebut sebagai insomnia.

Dilansir dari sardjito.co.id, insomnia merupakan kondisi seseorang kesulitan untuk tertidur atau membutuhkan waktu  yang lama agar bisa tidur. Pada beberapa kasus kondisi insomnia terjadi ketika kamu terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur kembali. Tentu kondisi susah tidur tersebut sangat berdampak pada aktivitas kamu esok harinya yang kerap mengganggu produktivitas kerja. 

Orang dengan insomnia sering merasa tidak puas dengan kualitas tidur mereka dan dapat mengalami gejala seperti kelelahan, kantuk siang hari, mudah marah atau mudah tersinggung, dan kesulitan berkonsentrasi. Insomnia dapat bersifat sementara atau kronis dan dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti stres, kecemasan, depresi, gangguan medis, dan pola tidur yang tidak teratur.

Bagi pengidap insomnia penting untuk memahami penyebab terjadinya insomnia dan cara untuk mengatasinya. Lebih lanjut, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/3), berikut penyebab, ciri dan cara mengatasi insomnia.