Brilio.net - Membuka sebuah percakapan dengan orang merupakan hal yang mungkin sangat sulit bagi sebagian orang. Namun tak sedikit juga yang bisa melakukannya dengan sangat mudah. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), perkenalan adalah hal (perbuatan) berkenalan (memperkenalkan).

Memperkenalkan diri terlebih dahulu merupakan salah satu cara untuk membuka sebuah percakapan. Apalagi ketika kamu sedang berbicara di depan umum (presentasi, meeting, murid baru dan lain-lain) yang mungkin banyak orang tidak mengenali, maka kamu harus memperkenalkan diri terlebih dahulu. Memperkenalkan diri jadi hal penting agar orang lain mengenalmu sehingga bisa menjalin hubungan pertemanan, bisnis dan lain sebagainya dengan baik.

Sebuah perkenalan bisa meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini karena kamu bisa mengenal, melihat senyum, kontak mata, sikap, dan ucapan yang baik. Semua yang kamu sampaikan itu akan memberi kesan baik dan terlihat memiliki kepribadian yang baik.

Perkenalan diri biasanya dilakukan dengan menyebutkan nama, usia, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Selain itu, saat memperkenalkan diri dengan orang lain usahakan untuk menyampaikan kalimat perkenalan menarik dan tidak monoton. Dengan begitu, pendengar tidak bosan untuk menyimaknya.

Berikut brilio.net rangkum contoh perkenalan diri dalam bahasa Indonesia dari berbagai sumber, Jumat (21/10).

 


Mgg: FENI LISTIYANI