Brilio.net - Survei media sosial PoliticaWave menyebut bahwa pasangan calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mengungguli pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam hal percakapan di media sosial. Pernyataan PoliticaWave ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama proses debat pertama Capres dan Cawapres pada Kamis (17/1) malam.

"Secara keseluruhan, pasangan calon nomor 01 mendominasi percakapan netizen dengan jumlah percakapan sebesar 55 persen berbanding 45 persen," ujar Yose Rizal selaku Founder of PoliticaWave dalam keterangan resminya, Jumat (18/1).

Dalam percakapan tersebut, Yose Rizal juga menganalisa sentimen komentar netizen di media sosial terkait kedua paslon tersebut.

Yose menyebut pasangan calon Jokowi-Ma'ruf meraup presentase sentimen positif sebesar 82 persen dan sentimen negatif sebesar 18 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi meraih 76 persen sentimen positif dan 24 persen sentimen negatif.

Berdasarkan data yang diterima, pasangan calon Jokowi-Ma'ruf menguasai seluruh segmen dalam debat perdana. Yose juga menambahkan, pada saat segmen dua yang sedang membahas tema Hukum dan HAM, Jokowi-Ma'ruf meraih sentimen posifif sebesar 88 persen.

Loading...

"Jokowi-Ma'ruf meraih percakapan positif terbesar di segmen dua dikarenakan pernyataan Jokowi terhadap Prabowo untuk tidak menuduh atau menyebarkan berita hoaks," tambah Yose Rizal dikutip Antara.

Debat kedua capres-cawapres akan berlangsung pada 17 Februari 2019 mendatang. Masing-masing pasangan calon akan kembali memaparkan visi-misi serta gagasannya untuk tema energi-pangan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup serta Infrastruktur.