Brilio.net - Hari ini merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk menentukan pilihan mereka di Pemilihan Umum 2024. Sejumlah TPS di seluruh Indonesia saat ini tengah melakukan perhitungan suara yang masuk sejak pagi tadi untuk dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Perolehan suara pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terpantau unggul dalam penghitungan suara di TPS 034 Manahan, Solo. TPS tersebut merupakan tempat Gibran dan istrinya Selvi Ananda menyoblos hari ini, Rabu (14/2).

Brilio.net melansir dari Liputan6.com, Rabu (14/2) petugas KPPS TPS 034 Manahan mulai melakukan perhitungan suara sekitar pukul 13.35 WIB. Prosesi penghitungan suara diawali dengan membuka kotak suara presiden dan wakil presiden disaksikan para saksi.

prabowo gibran unggul tps manahan © Instagram

foto: Instagram/@gibran_rakabuming

Kemudian surat suara satu per satu dikeluarkan dari kotak suara untuk mengetahui pasangan presiden dan wakil presiden yang dipilih. Kemudian surat suara itu dibentangkan dan ditunjukkan kepada para saksi untuk mengetahui pasangan yang dicoblos.

Dalam penghitungan suara tersebut, Ketua KPPS TPS 034 Manahan, Heru Mawanto bertugas yang membentangkan kertas suara yang diciblos. Pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran mendominasi saat awal penghitungan suara dimulai.

prabowo gibran unggul tps manahan © Instagram

foto: Instagram/@gibran_rakabuming

Setelah dilakukan penghitungan suara sekitar 25 menit, hasil perolehan suara pasangan capres-cawapres, Prabowo-Gibran menang telak dibandingkan perolehan suara pasangan capres-cawapres lainnya.

"Untuk paslon 1 tercatat 6 suara. Paslon 2 tercatat 110 suara dan paslon 3 tercatat 53 suara. Sedangkan surat suara tidak sah 2 kertas suara. Jadi total 171 suara,” ucap Heru Mawanto saat membacakan hasil penghitungan suara presiden dan wakil presiden.