Brilio.net - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejatinya adalah lembaga yang berfungsi untuk menyalurkan aspirasi rakyat. Tapi, sejauh ini fungsi tersebut sepertinya hanya menjadi nama belaka. Kenapa? Alih-alih menyalurkan aspirasi rakyat, kelakuan-kelakuan dan keputusan yang diambil para wakil rakyat ini ternyata banyak sekali yang justru terkesan menyakiti nurani rakyat.

Masih ingat kasus rencana pembangunan gedung baru DPR RI? Atau rencana pembangunan perpustakaan DPR yang diklaim sebagai yang terbesar di Asia Tenggara? Dengan kondisi ekonomi beberapa lapisan masyarakat yang masih kekurangan. Rencana pembangunan gedung senilai ratusan miliar rupiah itu dinilai banyak kalangan kurang tepat. Itu sebagian dari 10 kelakuan kontroversial anggota dewan yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/4). Nah, berikut ini kelakuan kontroversial anggota DPR yang bikin geleng-geleng kepala:

1. Istri liburan ke Jepang

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

Beberapa minggu lalu, netizen dihebohkan dengan beredarnya foto-foto istri anggota DPR yang berlibur ke Jepang. Meski mengklaim keberangkatan mereka atas biaya sendiri, banyak netizen yang meragukannya.

Loading...

2. Pembangunan perpustakaan

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

Alasan pembangunan perpustakaan baru yang akan menguras dana sebesar Rp 570 miliar  karena perpustakaan yang lama sudah tidak memadai terkesan dipaksakan. Pertanyaanya, memang anggota DPR rajin ke perpus?

3. Pasal kretek dalam RUU kebudayaan

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

Rancangan undang-undang (RUU) tentang Kebudayaan sebenarnya digagas untuk melindungi dan melestarikan warisan budaya nusantara. Namun ada satu pasal tentang rokok kretek yang dianggap kontroversial. Pasal itu bahkan dikritik habis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

4. Revisi UU KPK

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

DPR juga membuat heboh ketika mengajukan usulan revisi Undang-undang KPK. Revisi UU ini dianggap sebagai celah untuk melemahkan KPK karena memangkas sejumlah kewenangan KPK seperti KPK tak lagi memiliki kewenangan mengusut tindak pidana korupsi dengan kerugian negara kurang dari Rp 5 miliar. KPK juga tak lagi memiliki kewenangan penuntutan.

5. RUU Pengampunan Nasional

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

DPR kembali membuat RUU yang bikin gagal paham ketika mengajukan RUU pengampunan nasional. Dalam RUU itu seseorang tidak akan diusut perolehan hartanya meskipun itu hasil korupsi.

6. Pembangunan gedung baru

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

Bikin ngeri kalau kamu baca jumlah dana yang dianggarkan untuk pembangunan gedung baru DPR senilai Rp 1,1 trilyun.  Masih masuk di akal?

7. Setya Novanto dan Fadli Zon ke kampanye Donald Trump

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

Publik juga terhenyak ketika menyaksikan dua pimpinan DPR yaitu Setya Novanto dan Fadli Zon menghadiri kampanye Calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Ngapain coba?

8. Terjerat kasus korupsi

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

Sudah nggak terhitung lagi banyaknya anggota dewan yang terjerat kasus korupsi. Anas Urbaningrum, Angelina Sondakh hingga Damayanti Wisnu Putranti adalah contohnya.

9. Minta naik tunjangan

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendorong pemerintah untuk menaikkan tunjangan anggota mulai tahun 2016. Ada tiga jenis tunjangan yang diusulkan naik yakni tunjangan kehormatan, tunjangan komunikasi intensif, dan tunjangan peningkatan fungsi pengawasan dan anggaran.

10. Baku Pukul saat sidang

DPR Ngeri  © 2016 brilio.net

Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat Mulyadi dan Anggota DPR dari PPP Mustofa Assegaf baku pukul ketika rapat kerja dengan menteri ESDM, Sudirman Said. Brutal!