Brilio.net - Belanja merupakan kegemaran setiap wanita. Apalagi bila melihat diskon di sebuat toko, pasti mendadak perempuan ingin menyerbunya. Ya kan? Tapi ternyata tak hanya perempuan saja yang hobi berbelanja, laki-laki pun juga lho.

Kalau kita tahu banyak perempuan yang suka membeli sesuatu dengan kartu kredit dan membayarnya dengan mencicil, ternyata hal itu juga banyak dilakukan oleh para kaum adam.

Dilansir brilio.net dari Harvard Business Review dalam penelitian yang dilakukan Kredivo, menunjukkan pria memang cenderung lebih berani mengambil risiko daripada wanita, termasuk dalam hal keuangan. Perbedaan gender memengaruhi aktivitas otak yang memperhitungkan risiko dan bagaimana mereka mengambil tindakan.

"Budaya di Indonesia juga menempatkan pria sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan sebagai kepala keluarga, sehingga para pria mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan, namun tetap menjaga cash flow tetap aman," ujar Head of Marketing Kredivo, Indina Andamari.

Indina mengatakan pihaknya merilis data tentang tren belanja awal 2019. Ada 50 ribu sampel pengguna yang bertransaksi menggunakan Kredivo dalam kurun November 2018-Januari 2019. Ada 57,6 persen penggunanya adalah pria dan 42,4 persen lainnya wanita.

Ada 21 persen pengguna yang memanfaatkan layanan cicilan di e-commerce, 30 persen menggunakan layanan pinjam tunai, dan 85 persen layanan bayar dalam 30 hari.

Yang menarik, kata Indina, pria lebih mendominasi bagian cicilan. Hal ini ditemukan bahwa ada 66,7 persen pengguna yang memanfaatkan layanan cicilan, sedangkan wanita hanya 33,3 persen.

"Dapat disimpulkan, pria mendominasi layanan cicilan ini dibandingkan wanita," pungkasnya.