Brilio.net - Gaya hidup sehat bisa dimulai dengan mengatur pola makan. Ada yang longgar dalam penerapannya, ada pula yang benar-benar ketat.

Tentu Sobat Brilio kerap mendengar istilah vegetarian, kan? Atau malah kamu pelaku vegetarian yang hanya mengonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan, dan say no untuk makanan dari hewan (ikan, kerang, unggas, daging sapi)?

Namun ternyata, ada istilah vegetarian yang masih makan ikan laut atau makanan laut (seafood) lainnya. Istilahnya adalah peskatarian atau pescatarian.

Dikutip Brilio.net dari Healthline, pescatarian berasal dari kata Italia 'pesce' yang berarti ikan dan 'vegetarian'. Jadi, seorang peskatarian tetap nggak mengonsumsi makanan dari daging hewan tapi masih makan ikan laut atau seafood lainnya.

Bahan makanan dari laut itulah yang menjadi sumber protein utama bagi peskatarian. Namun beberapa peskatarian juga masih memakan telur maupun susu.

Loading...

Ada beberapa manfaat kesehatan saat kamu menjalani gaya hidup peskatarian. Masih dikutip dari sumber yang sama, manfaat menjadi peskatarian adalah menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan kematian akibat penyakit jantung.

Menjalani hidup sebagai peskatarian juga bukan semata demi alasan kesehatan. Ada orang yang beralasan terkait kelestarian lingkungan maupun perihal etis.

Dilihat dari alasan menjaga lingkungan, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, memelihara ternak bisa berkontribusi sebanyak 15% menyumbang emisi karbon buatan manusia. Sementara menghasilkan ikan dan makanan laut lain memiliki jejak karbon lebih rendah daripada memproduksi segala jenis daging atau keju hewani.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa diet pemakan ikan menyebabkan 46% lebih sedikit emisi gas rumah kaca daripada diet orang yang makan setidaknya satu porsi daging setiap hari.

Sementara alasan etis mengarah pada ketidakmauan seseorang membunuh hewan yang bertujuan sebagai bahan makanan, menolak peternakan yang keji terhadap hewan ternak maupun buruh, hingga terkait isu produksi biji-bijian untuk pakan ternak sementara banyak kelaparan di dunia.

Beberapa makanan yang dikonsumsi seorang peskatarian antara lain biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu (termasuk yogurt dan keju), buah-buahan, sayuran, telur, ikan laut, dan bahan makanan laut seperti cumi, lobster, kepiting, kerang, tiram, gurita dan lainnya. Sementara makanan yang tidak dikonsumsi seorang peskatarian mencakup daging sapi, ayam, burung, bebek, babi, kalkun, dan domba.

Nah, ternyata ada beberapa seleb yang menjadi peskatarian. Siapa saja mereka? Berikut deretannya sebagaimana dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (18/2).

1. Davina Veronica.

seleb peskatarian berbagai sumber

foto: @greatmind.id via Instagram/@davinaveronica_gsi

Aktris sekaligus model 40 tahun ini dikenal sebagai penyayang binatang dan lingkungan. Dia fokus sekali terhadap perlindungan hewan dari tindak kekerasan beserta penyelamatan lingkungan dari kerusakan. Spirit inilah yang mendorongnya menjadi seorang peskatarian.

2. Jerinx 'Superman Is Dead'.

seleb peskatarian berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube MalariaHouse

Frontman band punk rock Superman Is Dead ini juga mengakui dirinya seorang peskatarian. Jerinx menyampaikannya dalam sebuah wawancara eksklusif lewat video akun YouTube MalariaHouse berjudul Jerinx aka JRX Superman Is Dead on Summertime with Riz latest edition.

"Saya peskatarian tapi saya makan apa saja. Buat saya menjadi peskatarian itu seperti hidup beragama. Kamu punya itu, setiap orang punya kepercayaan masing-masing tapi kamu tidak perlu menunjukkannya," tegas pemilik bisnis clothing dan hostel tersebut seperti dilansir dari YouTube MalariaHouse.

3. Ariana Grande.

seleb peskatarian berbagai sumber

foto: screenshot via Twitter @ArianaGrande

Pada 12 Juli 2010, pelantun lagu Dangerous Woman juga mengakui dirinya seorang peskatarian. Hal ini sempat ditunjukkan melalui cuitannya yang menyatakan, "I'm very excited to announce that I have been a Pescatarian for a week and 3 days now! Yayyyyyyy! ♥" (Aku sangat bersemangat mengumumkan bahwa aku telah menjadi peskatarian dalam seminggu dan ini hari ketiga! Yayyyyyyy!).

4. Ben Stiller.

seleb peskatarian berbagai sumber

foto: goldderby.com

Aktor Amerika yang pernah membintangi film Night at the Museum ini mengaku dirinya seorang peskatarian dalam wawancaranya dengan Conan O’Brien pada 2012 lalu, seperti dikutip dari Madamenoire.

Prosesnya menuju sama sekali tidak mengonsumsi daging bukanlah hal mudah. Bahkan pria 53 tahun itu sempat ngejokes saat ditanya apakah semenjak diet dia merasa sehat dan bahagia, jawabannya, "Aku merasa nggak sehat. Mengerikan!"

5. Common.

seleb peskatarian berbagai sumber

foto: madamenoire.com

Rapper Amerika, Common (46), juga pelaku peskatarian. Dia menyadari bahwa daging sapi, babi, kalkun, dan sebagainya tidak baik bagi kesehatan dan kesejahteraannya. Terhitung sejak tahun 90-an, dia mulai mengukuhkan diri menjadi peskatarian.