Brilio.net - Karyawan dengan tuntutan tinggi tentu memiliki potensi besar untuk mengalami stres saat bekerja. Rupanya, salah satu perusahaan IT di Jepang memiliki cara unik untuk menghilangkan stres para karyawannya saat di kantor.

Dilansir brilio.net dari Japan Times, Rabu (7/6) sebanyak sembilan ekor kucing dibiarkan berkeliaran bebas di kantor IT tersebut. Sebagai pemilik perusahaan, Hidenobu Fukuda, menerapkan kebijakan "kucing kantor" pada 2000 atas permintaan dari salah satu karyawannya. Kala itu karyawan meminta izin untuk bisa membawa hewan peliharaan ke kantor.

Kucing Jepang © People.com

"Saya juga menawarkan 5000 yen per bulan untuk mereka yang mengadopsi kucing," katanya. Perusahaan Jepang lain juga mengizinkan peliharaan dibawa ke kantor untuk membantu mengurangi stres karyawan.

 

Kucing Jepang © People.com

"Kucing tidur di samping kami. Rasanya menenangkan," kata Ito. Di sisi lain, kehadiran kucing di kantor juga kerap mengganggu pekerjaan. "Kadang mereka mematikan komputer dengan menginjak tombol off," kata Fukuda.

Tren memelihara binatang di kantor juga dilakukan pada kantor Oracle Japan, di mana di sana ada anjing Old English Sheepdog bernama Candy bertugas jadi duta "penyambut dan penyembuh", kata perusahaan itu dalam laman resmi.

Perusahaan tersebut punya anjing kantor sejak 1991, dan Candy yang merupakan generasi keempat, kini punya akun Twitter dan Instagram.

Sementara itu, Pasona Group "menyewa" dua kambing pada 2011 dan dua alpaka pada 2013 sebagai karyawan tetap yang bertugas meredakan stres.