Brilio.net - Saat akhir tahun, bukan hanya liburan saja yang ditunggu-tunggu. Ajang diskon besar-besaran di akhir tahun juga menjadi hal yang dinanti. Tak hanya di pusat perbelanjaan, berbagai e-commerce juga menggelar diskon akhir tahun. Ya, apalagi kalau bukan Harbolnas.

Harbolnas merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Kegiatan ini diadakan setiap tahunnya di Indonesia. Harbonal sendiri dirayakan setiap tanggal 12 Desember. Harbolnas diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012. Harbonal muncul berkat inisiatif dari beberapa e-commerce meliputi Zalora, PinkEmma, Lazada Indonesia, Blanja, Bukalapak, dan Berrybenka.

Agenda ini diselenggarakan bersama berbagai mitra e-commerce, selain itu juga terdapat dukungan dari berbagai pihak lainnya. Seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik, hingga media. Di tahun ini menjadi tahun keenam Harbolnas berlangsung. Harbonal tahun 2018 ini melibatkan lebih dari 250 e-commerce yang sudah.

Buat kamu yang memang ingin ikut Harbolnas tahun ini, seperti apa fakta mengenai Harbolnas? Berikut sudah brilio.net rangkum tujuh fakta Harbolnas yang wajib kamu ketahui, Rabu (12/12)

1. Diskon gila-gilaan di beberapa e-commerce bikin bingung menentukan pilihan.

fakta Harbolnas instagram

foto: Instagram/@lazada_id


Kamu perlu sedikit waspada kareane beberapa e-commerce akan memberikan diskon gila-gilaan. Kalau kamu kurang mantap dengan barang pilihan yang memang ingin kamu beli, kamu akan bingung menentukan pilihan.

2. Beli di satu e-commerce nggak cukup.

fakta Harbolnas instagram

foto: Instagram/@zaloraid


Banyaknya barang yang akan di diskon, tentu nggak cukup kalau kamu hanya memilih satu e-commerce saja kan? Sia-sia banget diskon barang lainnya kalau kamu nggak sempet beli.

3. Rela begadang demi barang diskon impian.

fakta Harbolnas instagram

foto: Instagram/@berrybenka


Harbolnas dimuali tepat pukul 12 malam atau 00.00 WIB. Jadi nggak bisa kebayang gimana antusias para pembeli menantikan jam itu. Kamu bakal rela begadang demi mendapatkan diskon yang pas sesuai barang yang diinginkan.

4. Bikin nggak konsen bekerja.

fakta Harbolnas instagram

foto: Instagram/@donatelloshoes


Makanya belanja ketika Harbolnas berlansung enaknya memang di rumah. Jadi nggak terganggu atau bikin deg-degan antara kerjaan dengan takut ketinggalan diskon.

5. Kuras isi kantong.

fakta Harbolnas instagram

foto: Instagram/@mizanstore


Saking banyaknya diskon dari berbagai peserta e-commerce, kamu bisa nggak kerasa kalau isi kantong bisa jebol. Berbagai diskon dikumpulkan jadi satu juga bakal bisa menguras kantong.

6. Peserta Harbolnas 2018 ada 10 kategori.

fakta Harbolnas instagram

foto: Instagram/@katalogpromosi


Harbolnas 2018 ada sebanyak 10 kategori. Terdiri dari marketplace, electronic, fashion dan beauty, food dan baverages, groceries, travel, furniture, service, automotive, mom dan baby. Nah dari setiap peserta terdiri dari berbagai promo e-commerce.

7. Siap-siap menyerbu diskon fashion.

fakta Harbolnas instagram

foto: Instagram/@raksehat


Seperti tahun-tahun sebelumnya, diskon fashion menjadi produk yang sangat banyak diburu pembeli. Di tahun ini juga diskon fashion merupakan yang terbanyak dibandingkan yang lainnya. Peserta diskon fashion mencapai hingga 99 peserta.