Brilio.net - Di era serba digital, membuat seseorang lebih memilih e-money atau uang digital sebagai alat pembayaran, lantaran dinilai lebih praktis dari uang tunai. E-money ini biasanya bisa disimpan dalam bentuk aplikasi ataupun kartu.

Biasanya, kartu e-money digunakan sebagai alat pembayaran transportasi publik. Misalnya saja komuter, MRT, bus, dan juga pembayaran elektronik jalan tol (e-toll). Namun, e-money ini memiliki kelemahan jika dibanding dengan e-money yang tersimpan dalam aplikasi e-wallet. Satu kelemahan kartu uang elektronik ini adalah dibutuhkannya perangkat lain untuk cek informasi saldo.

Untuk memudahkan cek saldo, kamu bisa melakukannya lewat ponsel yang sudah dilengkapi fitur NFC. Atau Near-Field Communication. NFC merupakan teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat berbagi informasi hanya dengan mendekatkan ponsel.

NFC memungkinkan untuk mentransfer data dan transaksi secara digital dengan cepat melalui smartphone. Dengan fitur NFC, kamu bisa dengan mudah mengisi dan mengecek saldo e-money dan transaksi digital lain secara langsung dari ponsel. Berikut cara cek saldo kartu e-money lewat NFC, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/6).

(brl/ola)