Brilio.net - Menabung merupakan salah satu alternatif agar selalu memiliki uang yang disimpan dan digunakan untuk keadaan darurat atau bekal masa depan. Biasanya, seseorang akan diajarkan cara menabung sejak kecil oleh orang tua.

Bank menjadi salah satu tempat yang aman digunakan untuk menabung. Untuk memiliki tabungan di bank, seseorang harus membuat rekening terlebih dahulu. Setelah memiliki rekening, kamu harus rajin menyetorkan uang ke bank agar rekeningmu tidak kosong.

Biasanya, orang akan menyetorkan uangnya dengan cara datang langsung ke teller bank. Namun, cara ini terkadang membuat bosan seseorang karena harus mengantre terutama saat bank sedang ramai. Untuk memudahkan nasabah, berbagai bank di Indonesia menyediakan layanan setor tunai lewat mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Namun, tak semua ATM bisa digunakan untuk setor tunai. Kamu harus mencari ATM dengan fitur Cash Deposite Machine (CDM) atau Cash Recycling Machine (CRM). Mesin CDM merupakan mesin yang bisa digunakan untuk setor tunai. Sedangkan, CRM merupakan pengembangan dari CDM, atau penggabungan antara ATM dan CDM. Mesin CRM ini bisa digunakan nasabah untuk setor tunai dan tarik tunai.

Dengan mesin ini, kamu jadi nggak perlu antre untuk menabung di bank deh! Berikut cara setor tunai lewat ATM berbagai bank, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (11/7)

1. Cara setor uang lewat ATM BRI.

Cara setor uang lewat ATM © 2022 brilio.net

foto: YouTube/BANK BRI

- Kunjungi ATM BRI setor tunai terdekat (CDM atau CRM). Biasanya, mesin ATM BRI dengan fitur CDM dan CRM tersedia di toko ritel modern, pusat perbelanjaan dan ATM di kantor cabang BRI.

- Masukkan kartu debit kamu. Lalu pilih bahasa yang ingin digunakan (bahasa Indonesia atau bahasa Inggris).

- Masukkan nomor PIN ATM kamu. Lalu pilih menu "Setor Tunai" pada layar ATM, kemudian tekan "Lanjutkan".

- Selanjutnya tekan "Rekening Tabungan". Secara otomatis mesin ATM akan membuka tempat setor uang.

- Masukkan uang yang akan disetor ke dalam tempat yang sudah disediakan. Sebelumnya, pastikan uang tidak ada yang kusut, tidak rusak, tidak sobek, tidak terlipat, atau tidak basah. Ini agar uang yang disetor tidak ditolak oleh mesin ATM.

- Tunggu beberapa saat, layar ATM akan menampilkan halaman konfirmasi jumlah uang yang disetorkan. Jika jumlahnya sudah sesuai, tekan "Setor" untuk melanjutkan proses setoran tunai.

- Layar ATM akan menampilkan notifikasi "Setoran Anda telah diterima" lalu mengeluarkan struk. Jika kamu sudah tidak ingin melakukan transaksi lagi, pilih menu "Tidak". Jangan lupa ambil struk dan kartu debit kamu sebelum meninggalkan ATM.