1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Orangtua
03 Desember 2017 10:04

7 Momen ini wujud cinta orangtua yang selama ini tak disadari anak

Rasa sayang orangtua padamu selalu ada setiap saat.
foto: shutterstock.com

Brilio.net - "Kasih ibu, kepada beta tak terhingga sepanjang masa...~"

Hayoo, siapa yang ikutan nyanyi saat baca lirik lagu di atas? Lagu berjudul Kasih Ibu ini memang sudah sangat merakyat banget di seluruh Indonesia. Nggak heran kalau dari anak SD sampai kakek-nenek pun hafal lagu ini. Tapi, pada saat nyanyi lagu Kasih Ibu, kamu tahu nggak apa aja wujud kasihnya yang ia berikan padamu setiap hari?

Nggak hanya ibu dengan kasihnya yang tiada batas, sosok ayah juga tak segan untuk mencurahkan kasih dan perhatiannya padamu. Namun dengan karakter tegas dan bahkan kadang terasa kejam yang lekat dengannya, wujud cintanya padamu jadi seolah tertutupi. Padahal rasa sayang mereka padamu selalu dan setiap saat mereka berikan bahkan saat kamu sendiri tidak menyadarinya.

Seperti 10 wujud kasih orangtua di bawah ini yang kadang tak disadari atau dianggap angin lalu olehmu, sebagaimana disarikan brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (3/12). Bikin pengen pulang ke rumah.

1. Ibumu makan belakangan ketimbang kamu.

foto: maggi.com.my

Buat kamu yang masih tinggal serumah dengan ibumu, coba deh kamu perhatikan apa yang dia lakukan saat makan. Baik makan pagi, siang maupun malam. Saat makan tiba, pasti piringmu dan saudara-saudaramu yang diisi dahulu. Baru setelah semuanya sudah mendapat bagiannya masing-masing, ibumu mengambil bagiannya.

Ini adalah contoh kecil bagaimana ibumu nggak pengen kamu kekurangan makanan. Dia nggak mau kamu kekurangan nasi atau lauk pauk karena sudah dimakannya duluan. Makanya ia memprioritaskan dirimu untuk makan duluan agar nggak kekurangan lauk yang telah dimasaknya. Bahkan nih nggak hanya sebatas makan paling terakhir, ibumu nggak segan memberikan lauknya buat kamu saat kamu minta.

2. Ayahmu menyelimuti saat kamu terlelap.

foto: theconversation.com

Saat kamu bangun pagi, terutama saat masih kecil dulu, sering nggak kamu bertanya-tanya "Kok aku bisa pakai selimut ya?" Atau selain selimut yang tiba-tiba telah menutup seluruh tubuhmu, pernah nggak kamu menemukan dirimu terbangun di tempat tidur, padahal seingatmu kamu semalam tidurnya di depan televisi atau bahkan rumah tetangga?

Berterima kasihlah pada ayahmu karena berkatnya kamu bisa tidur nyenyak hingga pagi datang. Ayah memang terkenal dengan karakter tegasnya yang kadang bikin kamu bete. Belum lagi kepribadiannya yang rada statis yang bikin nggak asyik bercanda—nggak seasyik ibu. Padahal nggak kamu sadari, masa-masa kecilmu hingga dewasa penuh dengan wujud cinta darinya.

3. Orangtua nanya 'Kapan pulang?'.

foto: worldofbuzz.com

Kamu pasti nggak asing dengan pertanyaan "Kapan pulang?" Atau jangan-jangan pertanyaan ini udah jadi ‘makanan’ kamu sehari-hari?

Waktu masih kecil, saat masih SD atau SMP, pertanyaan ini masih kamu jawab dengan sopan. Tapi pas mulai SMA kadang kamu jadi berasa malas untuk menjawabnya. Kamu jadi merasa terkekang dengan pertanyaan ini. Nggak bebas. Merasa "Kan udah gede!" Terutama bagi yang cewek, kamu akan terus dituntut jawabannya sampai mereka benar-benar yakin "Aman!". Kalau cowok malah biasanya nggak jawab dan langsung kabur aja pas ditanya pertanyaan ini.

Padahal bukan untuk maksud mengekangmu, mereka hanya ingin meyakinkan dirimu dan diri mereka bahwa kamu akan pulang. Mereka nggak tahan kalau kamu mesti berada jauh dari mereka. Mereka merasa keselamatanmu nggak seaman saat kamu bersama mereka. Jadi jangan anggap sepele pertanyaan ini.

Sesibuk apapun kamu, tetap jawab pertanyaan ini dan pastikan untuk pulang karena orangtua pengen banget melihat wajahmu. Apalagi kalau kamu merantau dan lama tak pulang, rasanya mereka ingin memelukmu seerat mungkin sebagai obat rindu.

Nah, untuk menunjang mobilitasmu lebih cepat dan dekat dengan orangtua di rumah, kenapa nggak manfaatin Grab Bike? Apalagi Grab Bike kasih kesempatan terakhir kamu dapetin total hadiah senilai Rp 20 juta! Gimana caranya lebih #DekatDenganGrab dan dapetin hadiahnya?

Yuk, meluncur ke Stasiun Kota hari ini Minggu (3/12) dari pukul 14.00 sampai jam 18.00 WIB. Jangan lupa pantengin terus Instagram Grab di @grabid untuk tahu apa yang kudu kamu lakuin untuk dapet kejutan rahasia dari #GrabMasnya. Selamat berburu hadiah bombastis, guys!

4. Namamu selalu disebut dalam doa mereka.

foto: shutterstock.com

Tanpa kamu sadari, saat sedang terlelap, lagi berada jauh dari rumah, berangkat ke sekolah, ikut acara yang bikin harus menginap beberapa hari, orangtua selalu dalam diam memanjatkan doa demi keselamatan dan keberhasilanmu. Buat yang kini telah punya anak pasti menyadari poin ini. Rasanya mendoakan anak itu sudah hal yang wajib. Hal yang dulu nggak mereka sadari saat kecil kini menjadi rutinitas mereka saat giliran menjadi orangtua itu datang.

5. Selalu mengupayakan uang saku ada sekalipun kantong mereka kering kerontang.

foto: shutterstock.com

Pernah nggak kamu bertanya-tanya saat meminta uang jajan ke orangtuamu "Punya cukup duit nggak ya mereka?" Kebanyakan dari anak-anak pasti nggak pernah mikirin hal ini. Soalnya setiap kali minta uang jajan pengen beli ini dan itu, baik ayah dan ibu pasti memberikan secukupnya dengan wajah yang biasa saja atau disertai senyum.

Kamu jadi nggak punya pemikiran buruk terkait kondisi keuangan mereka. Padahal mungkin saat itu mereka sedang berpikir keras bagaimana cara membayar uang sekolahmu, atau membeli bahan makanan. Buat mereka, keamanan dan kenyamananmu adalah yang paling utama. Mereka rela mengorbankan banyak hal demi lihat kamu berhasil.

6. Bawain bekal atau oleh-oleh bikinan sendiri buat yang merantau.

foto: amybsherman.com

Buat para mahasiswa pasti sudah hafal kebiasaan orangtua ini. Dalam setiap kesempatan mengunjungimu, pasti ada kantong khusus makanan yang orangtuamu olah sendiri. Dibawa jauh-jauh dari kampung lho. Kurang cinta apalagi coba orangtuamu pada kamu?

Coba deh, kamu kalau lagi traveling, emang mau bawa banyak barang? Nggak mau kan? Ribet. Padahal walaupun sudah berumur, mereka tetap membuat makanan kesukaanmu, dan membawanya dalam perjalanan jauh. Bukti kalau kasih orangtua itu nggak ada habisnya. Bahkan saat kamu kuliah, pada umur yang sudah bisa mandiri, mereka tetap menganggap kamu bayi kesayangan mereka.

7. Rajin menghubungimu.

foto: teenwolf.wikia.com

Sebelum ada smartphone yang kamu gunakan sekarang ini, orangtua dulu akrab dengan yang namanya 'wartel' atau warung telepon. Meski harus antre lama dan bayar cukup mahal, mereka tetap dengan tenang menunggu giliran menghubungi buah hati yang berada di tanah rantauan sana. Padahal dalam hati mereka udah nggak sabaran pengen dengar suara dan kabar kamu.

Kini pada zaman yang semakin canggih, nggak ada lagi tuh menunggu antrean untuk bisa menghubungimu. Kadang kamu kesal karena mereka terlalu sering menghubungimu, tapi ingat, dulu mereka harus mengantre hingga hitungan jam hanya untuk berbicara dengan kakek dan nenekmu atau bahkan menunggu hitungan hari hingga minggu karena satu-satunya sarana komunikasi hanyalah lewat surat.

So, kalau kamu ditelepon, jangan lupa angkat dan sapa mereka dengan baik karena mereka rindu sama kamu. Perlakukan mereka dengan baik, karena saat mereka sudah tiada, telepon dari mereka adalah hal yang paling kamu rindukan.

 

(brl/tin)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    42%

  • Ngakak!

    5%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    47%

  • Marah

    5%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

7 Momen ini wujud cinta orangtua yang selama ini tak disadari anak.
Rasa sayang orangtua padamu selalu ada setiap saat.
https://www.brilio.net/orangtua/7-momen-ini-wujud-cinta-orangtua-yang-selama-ini-tak-disadari-anak-1712015.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?