1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Orangtua
30 November 2017 11:01

Kalau kamu temukan 10 tanda ini pada ibumu, berarti dia sangat bahagia

Seorang ibu yang bahagia bisa menciptakan keluarga harmonis.
foto: shutterstock.com

Brilio.net - Semua orang pasti ingin merasa bahagia, tak terkecuali para ibu. Namun, jalan menuju kebahagiaan hakiki seorang ibu tak akan selalu mulus jalannya.

Banyak problematika rumah tangga yang harus ditaklukkan. Begitu juga sederet tugas harian yang menanti dikerjakan, dari pengasuhan anak maupun peran sebagai pasangan. Tak jarang seorang ibu menjadi frustrasi ketika masalah datang sementara solusinya gagal ditemukan.

Padahal sangat penting lho untuk memastikan seorang ibu berbahagia. Soalnya, dari seorang ibu yang bahagia bisa menciptakan keluarga harmonis.

Nah, rupanya ada kebiasaan-kebiasaan baik yang menjadi ciri seorang ibu bahagia. Apa saja tanda-tandanya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/11), 10 tanda ibu yang berbahagia dengan rumah tangganya.

1. Nggak ragu minta tolong.

foto: shutterstock.com

Ibu yang bahagia tidak merasa takut dan sungkan untuk meminta pertolongan dari orang lain, seperti keluarga ataupun teman. Sedikit kata ‘tolong’ akan membuat hidup menjadi jauh lebih mudah.

Menjadi seorang ibu bukan berarti menjadi super woman. Seorang ibu juga membutuhkan bantuan. Sudah lama tidak keluar karena tidak ada yang menjaga si kecil? Ask for help.

2. Jalan-jalan cari udara segar.

foto: shutterstock.com

Udara segar, sinar matahari, dan alam diyakini sebagai peningkat mood yang baik bagi wanita. Ibu yang bahagia akan memanfaatkan waktu longgarnya untuk jalan-jalan mencari udara segar. Setelah menyelesaikan tugas rumahan, jalan-jalan mencari udara segar bisa menjadi mood booster.

Nggak harus ke tempat yang jauh, mencari udara segar bisa dilakukan di taman dekat dengan rumah. Ibu bisa melakukan aktivitas simpel ini dengan mengajak sang buah hati.

3. Merencanakan kegiatan seru.

foto: shutterstock.com

Di antara kerasnya tantangan seorang ibu adalah sedikitnya kesempatan meluangkan waktu beberapa hari khusus untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga. Maklum, masing-masing anggota keluarga punya kesibukan

Nah, ibu yang bahagia akan berupaya mencari celah waktu untuk bisa menikmati kebersamaan dengan keluarga. Termasuk merencanakan kegiatan seru dalam kondisi sesibuk apapun. Misalnya saja merencanakan nonton bersama di rumah atau bahkan jalan-jalan ketika weekend tiba.

Sekarang ini merencanakan kegiatan seru bareng keluarga semakin dekat untuk diwujudkan bersama Grab lho. Yuk wujudkan mimpi ibu dengan memanfaatkan kesempatan hadiah sampai Rp 5 juta dari #GrabMasnya. Lumayan banget kan? Bisa menghemat pengeluaran pula.

Gimana caranya #dekatdengangrab dan dapetin hadiahnya? Gampang banget! Hanya dengan memesan Grab Bike seperti biasa, kalau beruntung mendapatkan driver dengan jaket dan helm mas, kegiatan seru ibu dan keluarga makin seru! Informasi selengkapnya bisa cek di sini. Eits, jangan lupa pantengin terus Instagram @grabid untuk ikutan challenge berhadiah dari Grab yang nggak kalah menarik.

4. Makan, tidur, dan gembira.

foto: shutterstock.com

Memiliki pola makan dan jam tidur teratur memang bisa menjadi tantangan luar biasa untuk ibu baru. Bagi ibu baru, kurang tidur seolah menjadi suatu hal biasa, karena harus menjaga bayi yang bisa menangis sewaktu-waktu.

Waktu tidur yang sebelumnya 8 jam sehari, menurun drastis hingga setengahnya. Padahal kurang tidur bisa menjadi akar masalah kesehatan hingga mood yang tak baik. Ibu yang bahagia tahu bagaimana menyiasati masalah ini. Jika masih belum bisa, akali dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, dan sayuran.

5. Olahraga.

foto: shutterstock.com

Tubuh ideal membuat wanita merasa lebih bahagia setiap hari dibanding mereka yang tak puas dengan bentuk tubuh mereka. Menjadi seorang ibu dengan tugas yang seakan tak ada habisnya, bukan berarti tidak berolahraga. Nggak harus pergi ke gym, ibu yang bahagia bisa menyiasati waktunya untuk berolahraga. Misalnya menjaga anak bermain sambil yoga. Apalagi melakukan olahraga bisa menjadi sarana meditasi dan memanjakan diri sendiri.

6. Me time.

foto: chatelaine.com

Tuntutan pekerjaan yang berat serta lelahnya menjadi seorang ibu membuat kebanyakan wanita kurang mendapatkan waktu untuk menyendiri atau 'me time'. Padahal dengan melakukan 'me time', tubuh bisa menjadi lebih rileks dan otak bisa berfungsi lebih baik.

Nah, ibu yang bahagia dengan keluarganya akan memanfaatkan waktu luangnya untuk me time. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam membuat 'me time' lebih bermakna. Tak perlu keluar rumah dan menghabiskan banyak biaya, ibu juga bisa melakukan 'me time' saat di rumah. Misalnya dengan membaca buku favorit atau menonton film.

7. Gaul sama teman-teman.

foto: shutterstock.com

Menjadi seorang ibu bukan berarti harus terus-terusan di rumah dan hanya fokus pada urusan rumah tangga. Ibu juga perlu berkumpul dengan teman-temannya untuk berbagi cerita atau inspirasi. Ini bermanfaat untuk menumbuhkan energi baru menjalani kehidupan sebagai seorang ibu.

Seorang ibu tak perlu takut untuk bersenang-senang tanpa melibatkan anak di dalam jadwal bersenang-senang. Meninggalkan anak untuk berkumpul bersama teman-teman, bukan berarti tidak menyayangi mereka.

8. Memaafkan dan melupakan.

foto: stickpng.com

Memaafkan dan melupakan kesalahan memang bukan hal yang mudah. Memberi maaf tidak hanya ditujukan pada orang lain. Diri sendiri pun perlu dimaafkan.

Ketika gagal mengerjakan tugas rumah tangga dengan sempurna atau nilai ujian anak yang tidak memuaskan, membuat ibu mungkin menyalahkan diri sendiri. Mulai sekarang stop menyesali beberapa hal yang tidak berjalan sesuai ekspektasi. Diri sendiri juga berharga.

Ibu yang bahagia tidak akan terus-terusan menyalahkan diri sendiri dan mendendam. Seorang ibu yang bahagia bisa mencari celah kekurangan yang ada menjadi pembelajaran.

9. Berbuat baik sama tetangga.

foto: shutterstock.com

Ibu bahagia bisa melakukan hal-hal baik untuk orang lain, terutama tetangga. Hubungan baik dengan tetangga menandakan bahwa kehidupan sosial sang ibu sehat. Nggak harus dengan melakukan sesuatu yang luar biasa, berbuat baik dengan tetangga bisa dilakukan dengan cara yang simpel. Misalnya dengan menawarkan tumpangan saat akan pergi ke arah yang sama. Itu semua dilakukan bukan karena ingin mendapat pujian, melainkan untuk membahagiakan orang-orang di sekelilingnya.

10. Mencintai dan menghargai diri sendiri.

foto: shutterstock.com

Ibu yang bahagia tidak membandingkan diri dengan tetangga mereka atau orang lain. Baik soal anak, merek mobil, ukuran rumah, dan lainnya. Meski tak sedikit orang terkecoh dengan materi, ibu bahagia ingat kata pepatah “Kekayaan yang sebenarnya adalah mencintai yang kamu miliki”. Ibu yang bahagia akan memberikan hadiah pada diri sehingga muncul rasa puas dalam diri.

 

 

(brl/tin)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    57%

  • Ngakak!

    10%

  • Wow!

    19%

  • Sedih

    10%

  • Marah

    5%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Kalau kamu temukan 10 tanda ini pada ibumu, berarti dia sangat bahagia.
Seorang ibu yang bahagia bisa menciptakan keluarga harmonis.
https://www.brilio.net/orangtua/kalau-kamu-temukan-10-tanda-ini-pada-ibumu-berarti-dia-sangat-bahagia-171129h.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?