Brilio.net - Indonesia berhasil memborong 8 emas di cabang olahraga Pencak Silat Asian Games 2018. Terbaru, Sarah Tria Monita dan Abdul Malik menyusul kesembilan orang temannya yang berhasil menyabet medali emas.

Kedua atlet tersebut berhasil menggenapi 8 perolehan medali emas di gelaran Asian Games 2018 pada hari ini. Monita sukses menaklukan pesilat asal Laos, Vongphakdy dengan skor 5-0. Sementara itu, Abdul Malik berhasil mengalahkan Muhammad Faizul, pesilat dari Malaysia dengan skor 5-0.

Perolehan ini bukan yang pertama kali bagi kontingen indonesia di pencak silat. Di Sea Games ke-27 pada 2013 di Myanmar juga memborong semua medali emas.

Kemenangan di Asian Games 2018 ini tentu menjadi kebanggaan bagi Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI). Prabowo Subianto adalah ketua umu induk organisasi pencak silat Indonesia ini. Dalam Musyawarah Nasional (Munas) Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), ia terpilih menjabat untuk periode 2016-2020.

Prabowo melalui akun Instagram @prabowo, mengungkapkan kebahagiaanya atas kemenangan atlet silat Indonesia. "Alhamdulillah, Tim Pencak Silat Indonesia di Asian Games 2018 berhasil melaju ke babak final untuk memperebutkan 14 medali emas yang terdiri dari delapan nomor tanding dan enam nomori tunggal ganda regu. Semoga dalam partai final pada tanggal 27 dan 29 Agustus nanti, mereka mampu mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia tercinta," tulis Prabowo.

Loading...

Prabowo yang manju sebagai capres di Pilres 2019 sangat mendukung silat di Indonesia. Bahkan ia berpesan kepada cawapresnya Sandiaga Uno menyampaikan pesan kepada para atlet silat Asian games 2018.

Berikut beberapa pesan dan dukungan prabowo untuk silat Indonesia dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (27/8).

1. Nitip pesan ke atlet pencak silat di Asian Games 2018 lewat Sandiaga Uno.

prabowo dukung silat © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: Instagram/@prabowo

Sandiaga Uno turut menyaksikan pertandingan silat Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Indonesia. Kehadirannya itu salah satunya karena amanat Prabowo.

"Pak Prabowo menitipkan pesan. Saya harus hadir di sini untuk menyemangati. Kami ingin atlet kita termotivasi untuk mendapatkan mendali sebanyak-banyaknya," ujar Sandiaga Uno dilansir dari merdeka.com.

2. Rela rogoh kocek Rp 14 miliar.

prabowo dukung silat © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Pada Desember 2016, diadakan Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-17 di Bali. Anggaran dalam kejuaraan ini sebesar Rp 14,8 miliar. Seluruh biaya didonatori oleh Prabowo.

3. Rela rumahnya jadi tempat latihan pencak silat.

prabowo dukung silat © 2018 brilio.net berbagai sumber

foto: Instagram/@prabowo

Sebagai Ketua Umum IPSI, Prabowo sangat terbuka kepada para pesilat Tanah Air. Terlebih setelah prestasi Indonesia menjadi juara umum SEA Games ke-27 2013 di Myanmar, Prabowo semakin semangat mendukung pesilat Tanah Air. Ia bahkan mempersilakan pesilat untuk menggunakan rumahnya sebagai tempat latihan.