Brilio.net - Parkir adalah salah satu permasalahan yang harus dihadapi dewasa ini. Keterbatasan lahan parkir dan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor membuat permasalahan parkir ini cukup krusial terutama di kota besar. Lahan parkir yang ada luasnya tak sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang makin meningkat. Karena itu, perlu berbagai siasat untuk mengatasi keterbatasan lahan parkir ini.

Salah satu solusi yang mungkin dilakukan adalah pemusatan lahan parkir. Solusi yang biasanya dilakukan di kota besar yakni membangun tempat parkir vertikal. Ya, tempat parkir vertikal ini biasanya berupa gedung gitu. Kalau nggak berupa gedung yang berdiri sendiri, tempat parkir vertikal ini juga biasanya sudah diterapkan di pusat perbelanjaan atau gedung-gedung besar. Lantai basement akan digunakan sebagai tempat parkir terpusat sehingga nggak makan tempat di bahu jalan ataupun di halaman gedung yang terbatas.

Selain itu, pengenaan tarif parkir yang cukup tinggi membuat orang akan memilih untuk menggunakan kendaraan umum saja. Tarif parkir kalau di kota besar biasanya cukup mahal. Hal ini bikin orang yang parkir kadang pikir-pikir dulu kalau mau bawa kendaraan pribadi. Soalnya, kalau dikalikan sebulan, biaya parkir ini bisa over budget bulanan.

pria akali tukang parkir lucu © berbagai sumber

foto: TikTok/@prabu_alvandra

Belum lagi permasalahan parkir lainnya yang mungkin kamu temukan adalah pungutan liar atau pungli. Kadang petugas parkir menerapkan tarif yang berbeda dan tidak sesuai dengan aturan yang ada. Entah aji mumpung atau apa, tapi oknum-oknum tukang parkir ini seringkali bikin resah pengendara. Karcis parkir tulisannya berapa, eh ternyata bisa diedit dan dibikin lebih mahal sedikit.

Seperti momen lucu tarif parkir yang diunggah oleh akun TikTok @prabu_alvandra berikut ini. Dalam unggahan videonya, tampak ia menerima karcis parkir dengan nominal Rp 2.000. Tapi karena tingkah iseng oknum petugas parkir, karcis tersebut justru diubah nominalnya dengan spidol sehingga seolah tertera Rp 3.000.

Mengetahui hal ini, pemilik akun tersebut pun nggak kehabisan akal. Ia memberikan uang Rp 2.000 yang juga ditambah garisnya dengan spidol. Dengan begitu, nominal dalam uang dua ribuan itu penampakannya sama dengan nominal yang tertera di karcis parkir. Momen ini pun dalam video tersebut disebut hampir bikin ribut sama tukang parkir nih.