Brilio.net - Menjadi makeup artist (MUA) bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk menjadi MUA, dapat merias diri dengan makeup saja tidak cukup. Apalagi jika mendapatkan klien yang butuh jasa untuk hari pernikahannya. MUA untuk acara pernikahan biasanya memiliki jam terbang tinggi dalam dunia makeup.

Apalagi jika pernikahan tersebut menggunakan adat tertentu yang membutuhkan kemampuan merias yang baik. Seperti rias paes manten adat Jawa yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi untuk membuatnya. MUA tidak dapat asal menggambar paes di dahi pengantin perempuan.

Membutuhkan keahlian khusus, paes yang buruk dapat terlihat langsung. Bentuk paes yang tidak pas akan membuatnya tampak aneh. Paes dengan bentuk yang berbeda dari biasanya rupanya terjadi para pengantin wanita satu ini.

Pemilik akun TikTok @dahwiyaritonga mengunggah fotonya bersama pasangan saat berada di pelaminan. Keduanya tampak sedang menyalami para tamu undangan. Kedua pengantin tersebut memakai busana manten adat Jawa berwarna hitam.

paes manten mirip Aang Avatar © TikTok/@dahwiyaritonga

foto: TikTok/@dahwiyaritonga