Brilio.net - Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar bagi umat Muslim. Setiap tahun tepatnya di tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah, segenap umat Muslim akan merayakannya dengan salat Ied di pagi hari dan melanjutkan dengan prosesi penyembelihan hewan kurban.

Proses penyembelihan hewan kurban diadakan di masjid, pesantren, atau tempat khusus penyembelihan hewan. Biasanya, proses ini membutuhkan persiapan jauh-jauh hari. Mulai dari mengumpulkan hewan kurban yang hasil donasi, mendata para penerima daging, membuat kandang sementara, menyiapkan dapur umum, menyiapkan tempat penyembelihan, tempat menguliti hewan, dan pemotongan daging.

Tak ayal, rangkaian persiapan itu membutuhkan orang yang siap dibentuk menjadi panitia kurban secara sukarela. Bagian-bagian kerjanya pun disiapkan. Ketika hari H Idul Adha telah tiba, para panitia ini akan serentak bekerja berdasarkan tugas yang sudah dibagi.

Momen tersebut begitu semarak dan dilakukan dengan riang gembira. Tak jarang momen bercanda dan keisengan sering terjadi pada saat prosesi pengolahan hewan kurban. Momen tersebut terpotret dan bikin kamu yang melihatnya jadi ikutan terkekeh. Dihimpun brilio.net dari beberapa sumber pada Minggu (2/7), berikut 11 potret kocaknya.