Brilio.net - Upin & Ipin adalah serial televisi animasi Malaysia yang sangat populer di kalangan anak-anak. Serial ini diproduksi oleh Les’ Copaque Production dan pertama kali ditayangkan pada 14 September 2007. Awalnya, Upin & Ipin dibuat untuk mengenalkan anak-anak pada bulan suci Ramadan dan nilai-nilainya. Namun, karena sambutan yang sangat positif, serial ini terus berkembang dan kini telah mencapai 17 musim dengan lebih dari 645 episode.

Karakter utama dalam serial ini adalah dua saudara kembar, Upin dan Ipin, yang tinggal di sebuah desa di Malaysia. Mereka dikenal dengan kepribadian yang ceria dan petualangan sehari-hari mereka yang menghibur serta mendidik.

Menariknya, tidak hanya anak-anak saja yang menyukai animasi ini namun orang dewasa juga tertarik untuk mengikuti jalan ceritanya. Lantaran menjadi tontonan orang dewasa juga, banyak hal-hal menarik yang kemudian muncul. Pasalnya mereka tidak hanya sekadar menyaksikan, namun juga mengulik setiap karakternya.

Dalam ceritanya, Upin dan Ipin tinggal bersama kakak dan neneknya. Dari sini muncul pertanyaan ke mana orang tua Upin dan Ipin? Sampai akhirnya banyak yang berspekulasi bahwa orang tua si kembar meninggal dunia.

Benar saja, dalam episode 'Kenangan Mengusik Jiwa' memang dijelaksan bahwa ayah dan ibu Upin dan Ipin meninggal dunia. Pada episode tersebut diceritakan Ayah Upin dan Ipin adalah seorang tentara bernama Abdul Salam dan pada episode Hari Ibu, diceritakan juga sosok ibu dari Upin Ipin. Digambarkan ibu Upin dan Ipin merupakan sosok penyayang. Disisi lain juga diperlihatkan adanya tahi lalat seperti Opa, namun tak disebutkan siapa namanya.