Brilio.net - Banyak cara untuk membuka sebuah percakapan, baik secara langsung maupun lewat chat. Mulai dari memberi salam, menyapa dengan kata sapaan, atau memanggil nama jika sudah saling mengenal. Mengucapkan kata salam di awal percakapan memang tidak wajib, tapi itu termasuk tata krama, terutama jika ingin berbicara dengan orang yang lebih tua.

Di era modern seperti sekarang, salam pembuka tampaknya sudah mulai ditinggalkan. Jika orang tersebut ingin berbicara penting, mereka akan langsung menelepon. Tapi kalau ingin sekadar bertanya, mereka akan menyebut nama si penerima pesan, kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan itu sendiri.

Parahnya, ada juga yang mengganti kata salam dengan huruf P. Semua bermula dari fitur 'PING' di BBM yang digunakan sebagai tanda agar chat segera dibalas. Kemudian kebiasaan ini jadi terbawa ke platform chat lain, seperti WhatsApp, DM Instagram, dan masih banyak lagi.

Apakah ini sopan? Tentu saja tidak jika orang yang dichat adalah orang yang lebih tau maupun sebuah lembaga atau institusi yang memiliki aturan tersendiri. Tapi jika itu konteksnya bercanda, maka sah-sah saja. Brilio.net merangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/2), berikut ini 11 awalan chat pakai huruf P, balasannya bikin senyum puas.

(brl/wen)