Brilio.net - Setiap ke tempat makan atau wisata, pasti kamu akan menemukan pengamen bernyanyi di sana. Bahkan sekarang nggak hanya di dua tempat itu saja, lho. Pengamen yang lebih niat bakalan perform di persimpangan lampu merah, lengkap dengan speaker besar dan peralatan yang memadai.

Di pulau Jawa, seperti Yogyakarta misalnya, pengamen yang turun ke jalan nggak hanya bernyanyi diiringi gitar namun ada juga angklung. Nggak tanggung-tanggung, lagu yang dibawakan juga bervariasi serta enak didengar. Masalahnya, nggak semua orang suka mendengarkan pengamen bernyanyi. Apalagi kalau dibawakannya dengan nggak niat gitu.

Nah, sebelum pengamen itu datang dan bernyanyi. Biasanya di tempat tersebut sudah ada tulisan 'dilarang ngamen' di atas kertas putih atau banner. Malah beberapa ada yang menambahkan pesannya dengan embel-embel kata 'asal lagu Metallica' misalnya. Seperti yang tampak dalam deretan peringatan untuk pengamen berikut ini. Brilio.net menghimpun dari berbagai sumber, potret tulisan peringatan untuk pengamen, Selasa (14/3).

1. Pengamen auto ciut baca tulisan ini.

tulisan dilarang ngamen asal © Berbagai sumber

foto: Facebook/Ilham Rediansyah