Brilio.net - Hidup merantau jauh dari keluarga maupun orang tua memang bukan perkara mudah. Kondisi ini dialami sejumlah anak kos, entah itu sebagai pelajar maupun pekerja. Namun kondisi memprihatinkan jatuh pada mereka yang masih menempuh pendidikan. Sebagai anak kos alias anak rantau, diajarkan untuk hidup hemat. Mengingat belum punya penghasilan sendiri dan masih mengharapkan bulanan dari orang tua.

Apalagi kalau anak kos yang sudah tidak lagi mendapat kiriman dari orang tua. Mereka harus berjuang mencari uang sendiri, dan berusaha untuk hemat jika pemasukan yang didapat tidak terlalu banyak. Alhasil, hidup hemat harus dijalani. Banyak yang harus dipertimbangkan, kebutuhan pribadi dan makan harian harus terpenuhi, entah bagaimana caranya.

Tips hemat paling umum anak kos adalah mengolah makanan sendiri. Tentunya makanan sederhana dan mudah dimasak. Aktivitas masak yang biasanya membutuhkan kompor gas, peralatan masak, bahan masakan lengkap dengan bumbu-bumbunya ini harus diakali sekreatif mungkin agar tidak mengeluarkan dana yang banyak. Seperti yang diketahui, hidup di kamar sepetak, tidak mungkin harus memboyong peralatan dapur segala.

Disinilah kreativitas dibangun. Anak kos-kosan memiliki cara sendiri ketika harus memasak demi menghemat. Namun tak sedikit pula yang memberikan kesan nyeleneh. Seperti potret berikut ini yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (14/1).

1. Ketika pengen makan martabak telur, tapi dengan bujet sehemat mungkin. Malah begini caranya.

Potret kocak anak kos masak Berbagai sumber

Potret kocak anak kos masak
Twitter/@txtdarikostan