Brilio.net - Jumlah lapangan pekerjaan yang nggak sebanding dengan banyaknya lulusan perguruan tinggi membuat persaingan untuk masuk di dunia kerja semakin ketat. Hal itu membuat banyak juga sarjana yang bekerja di luar bidang yang dipelajari selama kuliah.

Salah satu pekerjaan yang banyak diburu oleh freshgraduate adalah pekerjaan di bank. Baik itu frontliner, costumer service, marketing, maupun posisi lainnya.

Lalu sebenarnya apa sih yang membuat pekerjaan di dunia perbankan begitu banyak dilirik oleh sarjana, utamanya freshgraduate? Berikut 8 alasan pekerjaan di bank banyak diburu, berdasarkan wawancara brilio.net dengan Umi Khabibah (23), salah satu pegawai bank BUMN di Indonesia, Kamis (29/10):

1. Banyak lowongan di bank

Ternyata 8 alasan ini yang membuat pekerjaan di bank banyak diburu

Loading...

Salah satu alasan utama banyaknya freshgraduate ngebet ingin bekerja di bank karena memang banyaknya lowongan pekerjaan di dunia perbankan. Tahu sendiri lah jika saat ini bank berlomba-lomba membuka banyak cabang untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Maka otomatis banyak juga tenaga kerja baru yang dibutuhkan. Selain itu, lowongan pekerjaan di perbankan juga kebanyakan terbuka untuk freshgraduate dan tak mensyaratkan pengalaman.

"Kalau di perusahaan lain susah kalau nggak ada pengalaman," terang Umi.

2. Bank menerima semua jurusan

Ternyata 8 alasan ini yang membuat pekerjaan di bank banyak diburu

Kebanyakan lowongan di perbankan menerima lulusan perguruan tinggi dari semua jurusan, meskipun beberapa posisi mensyaratkan jurusan yang linier dengan posisi yang ditawarkan. Hal itulah yang membuat banyak sekali lulusan sarjana yang ngebet ingin kerja di bank.

3. Gaji buat freshgraduate lebih tinggi dibanding di perusahaan lain

Ternyata 8 alasan ini yang membuat pekerjaan di bank banyak diburu

foto: careernews.id

Nah, ini juga yang cukup penting jadi pertimbangan saat mencari pekerjaan. Gaji bekerja di bank untuk freshgraduate lebih tinggi dibandingkan dengan gaji freshgraduate di perusahaan lain. "Tapi yang harus diingat, semakin tinggi gaji maka semakin tinggi tekanan," kata Umi.

4. Karier di bank dianggap lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan lain

Ternyata 8 alasan ini yang membuat pekerjaan di bank banyak diburu

Jenjang karier di dunia perbankan sangat jelas dan sangat menjanjikan bagi para karyawannya. Karier di dunia perbankan sangat berbanding lurus dengan kinerja, sehingga memungkinkan untuk meraih karier yang cepat jika mempunyai etos kerja yang tinggi. Dengan daya tawar itu, maka nggak heran deh jika banyak orang yang ingin bekerja di dunia perbankan.

5. Biasanya ditempatkan di area dekat domisili

Ternyata 8 alasan ini yang membuat pekerjaan di bank banyak diburu

foto: tipskarir.com

Tempat bekerja juga menjadi salah satu pertimbangan dalam mencari pekerjaan. Karena sebaran cabang yang hampir merata di seluruh kota di Indonesia, maka dimungkinkan sekali para karyawannya ditempatkan di area dekat domisili. Tapi hal itu nggak berlaku di semuanya lowongan lho! Yang harus diperhatikan adalah lokasi pekerjaan pada lowongan tersebut. Biasanya lowongan di dunia perbankan telah menyebutkan lokasi penempatannya.

6. Kerja di ruangan juga jadi salah satu alasan

Ternyata 8 alasan ini yang membuat pekerjaan di bank banyak diburu

foto: swa.co.id

Pekerjaan di dunia perbankan yang lebih banyak berada di dalam ruangan menjadi salah satu alasan banyaknya freshgraduate melirik pekerjaan ini. Pekerjaan di dalam ruangan dianggap lebih nyaman daripada pekerjaan di luar ruangan. Apalagi jika tempatnya juga ber-AC, wah....! Tapi yang harus diperhatikan, nggak semua posisi pekerjaan di dunia perbankan selalu di dalam ruangan lho!

7. Kerja cuma 5 hari

Ternyata 8 alasan ini yang membuat pekerjaan di bank banyak diburu

Waktu kerja juga menjadi pertimbangan orang dalam memilih pekerjaan. Kebanyakan dunia perbankan telah memberlakukan waktu 5 hari kerja. maka nggak heran jika banyak freshgraduate yang mendambakan bekerja di dunia perbankan.

8. Waktu kerja nggak molor-molor

Ternyata 8 alasan ini yang membuat pekerjaan di bank banyak diburu

Tuntutan kerja di perbankan untuk sesegera mungkin menyelesaikan pekerjaan yang ada membuat waktu pekerjaan jarang sekali molor. Hal itu berbeda dengan pekerjaan lain yang yang terkadang perlu lembur untuk menyelesaikan tugasnya. Jadi lengkap deh alasan kenapa banyak sarjana utamanya freshgraduate ngebet kerja di bank.

"Molor tidaknya sebenarnya tergantung orangnya, tapi memang pekerjaan di bank biasanya harus selesai saat itu juga," kata Umi.

Nah, itulah 8 alasan kenapa pekerjaan di bank begitu banyak diburu. Maka nggak heran jika bekerja di dunia perbankan kini menjadi dambaan. Nggak cuma dambaan para pencari kerja, tapi juga dambaan orangtua maupun calon mertua.

Setelah baca alasan itu kamu tertarik juga untuk berebut lowongan di dunia perbankan?