Brilio.net - Bisa dibilang, pekerjaan seorang hakim adalah pekerjaan paling sulit yang pernah ada di dunia. Nggak salah dong disebut seperti itu, bayangin aja deh, seorang hakim mesti mengadili seorang terdakwa, mempertimbangkan kesalahan maupun 'kebaikannya' serta menjatuhkan hukuman yang setimpal.

Nah, perkara menjatuhkan hukuman inilah yang terkadang masih menjadi momok besar bagi sebagian besar hakim. Salah menjatuhkan hukuman, bisa jadi penyesalan seumur hidup. Kan kasihan, orang yang mungkin sebenernya nggak bersalah, eh malah dijatuhin hukuman berat. Ya kan?

Tapi tanggung jawab yang besar itu ternyata nggak bikin seorang pemuda asal Inggris, Alex Hyne, gentar untuk menjadi seorang hakim. Bahkan di usianya yang baru menginjak 18 tahun, mahasiswa paruh waktu ini berhasil terpilih menjadi hakim termuda di Inggris. Wow, brilio!

Dilansir brilio.net dari Dailymail, Kamis (8/10),  Alex akan dipercaya untuk memimpin persidangan kasus-kasus tingkat rendah, dari mulai pencurian sampai dengan penyerangan yang terjadi di Chatam dan Dartford, Kent. Sebagai tugas perdananya, Alex akan mengawal persidangan sebuah kasus di Medway dan Dartford.

Menurut salah satu pejabat majelis, Alex dikenal sebagai seorang yang sangat bersemangat untuk menjadi seorang justice of the peace (JP) atau hakim. Ditambahkan oleh Lucy Tate, Ketua Parlemen Pemuda Medway, Alex bahkan sudah sangat siap untuk berperan sebagai seorang hakim.

Tate sendiri adalah hakim termuda yang pernah ada selama ini, sebelum akhirnya rekor tersebut harus 'dihadiahkan' kepada Alex. Tate menjadi hakim di West Yorkshire di usianya yang masih sangat muda, 19 tahun, tepat di tahun 2006 yang lalu.

"Menjadi hakim adalah panggilan hidup, aku ingin melayani publik dengan segenap hatiku," kata Alex.

Untuk diketahui, Alex Hyne adalah seorang pemuda yang berasal dari Chatam, Kent. Dalam melaksanakan tugas barunya, Alex akan melanjutkan peran Tate di majelis Medway untuk Layanan Perlindungan Perampasan Kemerdekaan. Wow, keren ya? Siapa yang mau menyusul Alex Hyne? Di Indonesia ada nggak ya, hakim termuda seperti dia?