Brilio.net - Masalah sampah bagi sebagian orang adalah masalah kecil yang dianggap sepele. Inilah yang menjadikan permasalahan kebersihan di lingkungan sekitar kita belum terselesaikan.

Kondisi ini juga yang membuat tiga mahasiswa asal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menciptakan sebuah tempat sampah cerdas guna menumbuhkan lagi kesadaran akan kebersihan yaitu untuk membuang sampah pada tempatnya. Inovasi yang diberi nama TESCARA atau Tempat Sampah Cerdas Ramah Lingkungan Berkeluaran Suara merupakan gagasan dari tiga mahasiswa jurusan Teknik Elektronika yaitu Muhammad Ishom, Muhammad Taufiq, dan Wahyu Ziwangga.

"Sebelumnya ide ini adalah karya tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebelum kemudian kami mengikutsertakannya dalam kompetisi nasional yaitu Indonesia ICT Award (INAICTA) 2014 lalu," ujar Ishom pada brilio.net, Senin (10/8).

Ishom menjelaskan bahwa tempat sampah buatan timnya ini sebenarnya hampir sama dengan tempat sampah kebanyakan yang juga dapat diletakkan di tempat mana pun. Namun, untuk cara penggunannya sendiri setelah nantinya diletakkan, TESCARA bisa langsung dihubungkan dengan listrik agar dapat berinteraksi dengan orang yang akan membuang sampah.

"TESCARA sendiri memiliki fitur-fitur utama yaitu human positioning detector untuk mendeteksi pergerakan seseorang, kontrol otomatis, dan juga speech generator."

Loading...

Inovasi yang berhasil menduduki posisi juara dalam INAICTA 2014 ini sendiri dapat mengeluarkan beberapa bunyi suara seperti "Silahkan membuang sampah di sini!" bila mendeteksi adanya manusia, "Terima kasih!" bila ada sampah yang masuk, dan "Maaf, sampah penuh!" bila tempat sampah sudah penuh.

Diharapkan dengan adanya inovasi ini mampu menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan membiasakan anak-anak untuk juga berlaku demikian. Simple tapi cukup bermakna ya!