Brilio.net - Petugas perbaikan jalan di tengah Kota Heyuan, Provinsi Guangdong, China selatan menemukan fosil berukuran jombo, saat tengah menggali tanah untuk meletakkan pipa pembuangan. Tak ada yang menduga, ternyata benda yang ditemukan si pekerja itu adalah telur-telur dinosaurus.

Dilansir brilio.net dari cnn.com, Sabtu (2/5), mereka menemukannya saat melakukan penggalian di jalan raya. Total ada 43 telur dinosaurus yang ditemukan telah menjadi fosil, 19 di antaranya masih memiliki bentuk yang utuh.

Telur dinosaurus terkubur jalan raya di China, sudah 17 ribu ditemukan

Menurut arkeolog Du Yuanli, puluhan telur itu kemungkinan berasal dari 65-230 juta tahun yang lalu pada Era Mesozoic saat di mana tyrannosaurus rex atau t-rex menjelajahi bumi. Puluhan fosil telur dibagi dalam 14 grup berbeda. Fosil telur terbesar memiliki diameter 13 sentimeter.

Pihak Heyuan Dinosaur Museum mengatakan, lebih dari 17.000 fosil telur dinosaurus ditemukan di China. Penemuan pertama terjadi pada tahun 1996. Pengelolanya pun bangga karena memiliki fosil telur dinosaurus, dan koleksi tersebut merupakan yang terbesar di dunia.

Telur dinosaurus terkubur jalan raya di China, sudah 17 ribu ditemukan

Akibat penemuan fosil dinosaurus itu, pekerjaan galian tanah di area seluas 1,3 kilometer persegi dihentikan. Lalu di area itu diterapkan sebagai zona lindung geologi untuk penelitian ilmiah lebih lanjut. Sebab, dikhawatirkan masih ada fosil serupa lainnya di lokasi tersebut.

HOT NEWS:

Misteri tempat yang ditunjuk Patung Pancoran
Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba
Innalillahi, ibu dan anak meninggal dalam waktu bersamaan
VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis