Brilio.net - Waktu sahur yang kurang mendukung, karena pada jam pagi buta, biasanya menjadi dalih orang untuk sahur dengan segala sesuatu yang instan.

Untuk anak kos, mi instan selalu menjadi andalan. Padahal mengonsumsi mi instan terus menerus tidak baik lho buat kesehatan. Lalu solusinya bagaimana? Ganti saja dengan oatmeal. Selain mengenyangkan dan mudah didapat, oatmeal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan di antaranya, menurunkan kolesterol, tensi darah dan menyehatkan jantung.

Namun rasa oatmeal yang cenderung hambar, membuat banyak orang malas menyantapnya. Eits jangan khawatir, oatmeal-mu yang hambar bisa dikreasikan dengan berbagai bahan lho. Berikut brilio.net kumpulkan berbagai resep oatmeal lezat dari berbagai sumber, Minggu (21/6).

1. Oatmeal buah dan susu

Tak melulu mi instan, ayo sahur sehat dengan oatmeal

Siapkan 1 gelas susu cokelat atau vanila, 1 buang pisang yang telah dipotong kecil-kecil dan 1/4 gelas oatmeal. Campur semua bahan tersebut ke dalam blender setelah itu siap di minum deh untuk sahur. Gampang kan?

2. Overnight oatmeal

Tak melulu mi instan, ayo sahur sehat dengan oatmeal

Kalau yang ini kamu harus membuatnya setelah tarawih. Bahan yang harus disiapkan adalah 1/4 gelas oatmeal, susu, potongan buah apa pun seperti mangga, stroberi dan lain-lain. Semua bahan tersebut masukkan dalam gelas tertutup lalu kocok-kocok. Setelah tercampur masukkan kulkas dan diamkan semalaman. Overnight oatmeal ini bisa kamu konsumsi kemudian saat sahur.

3. Kue cokelat oatmeal

Tak melulu mi instan, ayo sahur sehat dengan oatmeal

Oatmeal ternyata juga bisa lho dibuat untuk camilan kue. Pertama masukkan 4 bahan ini ke dalam panci yakni mentega, gula, susu dan cokelat dan diaduk-aduk selama 1 menit. Setelah itu masukkan kacang, oatmeal dan vanilla. Aduk sebentar dan masukkan dalam wadah kecil-kecil. Setelah itu tinggal masukkan dalam kulkas hingga membeku. Gampang kan?

4. Oatmeal campur

Tak melulu mi instan, ayo sahur sehat dengan oatmeal

Campur di sini berarti bisa dimasukkan berbagai sayur dan telur. Caranya rebus oatmeal dan sayur sesukamu, bisa menggunakan bayam atau kangkung dan jangan lupa tambahkan air dan sedikit garam. Kalau sudah mendidih seperti bubur tuang dalam mangkuk, tambahkan sedikit keju, telur ceplok dan lada hitam. Rasanya enak dan gurih!

BACA JUGA:

Puasa dianggap cara jitu mendetoksifikasi tubuh, emangnya bener?

Ini daftar aplikasi yang berguna saat Ramadan, catat!

Jika kamu berpuasa, kamu akan dapat manfaat kesehatan ini

Penelitian buktikan berpuasa baik untuk kesehatan jantung

5 Hal lucu yang dilakukan anak kecil saat puasa pertama

4 Lagu Ramadan ini pernah ngehits banget di Indonesia

Resep takjil lezat dengan 2-3 bahan saja, gampang banget!

VIDEO: Tips menyajikan kurma tanpa biji