Brilio.net - Belakangan semakin banyak penelitian yang mengungkap berbagai pengaruh ibadah terhadap ketenangan jiwa dan kesehatan tubuh. 'Perintah langit' boleh dikatakan selalu mengandung dimensi kesehatan. Puasa, sebagai salah satu ibadah bagi umat muslim termasuk salah satunya.

Puasa punya hubungan dengan kesehatan, salah satunya terhadap jantung. Kaitan puasa dengan jantung lebih mengarah pada kontrol kesehatan jantung dan meminimalisasi terjadinya lemah jantung.

"Penelitian terbaru yang saya baca yang membandingkan orang berpenyakit jantung yang sedang puasa dengan yang tidak puasa hasilnya menunjukkan tingkat kekambuhan bagi yang berpuasa lebih rendah," tutur salah seorang dokter muda asal Jogja, Khoirul Husam pada brilio.net, Jumat (19/6).

Dalam kondisi tidak sehat, dinding-dinding pembuluh darah dipenuhi oleh lemak jahat yang mana bisa menyebabkan sumbat. "Kalau sudah sumbat mau dikasih tekanan sebesar apapun tidak akan mempan karena posisi sumbatnya menempel di sisi-sisinya yang sudah terkikis. Malah berpotensi menyebabkan berbagai penyakit seperti darah tinggi, serangan jantung hingga stroke. Nah puasa bisa mengurangi itu karena asupan makanannya lebih terkontrol" aku pria asal Bogor ini.

Menurut dosen Pendidikan Dokter Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Agus Taufiqurrahman, faktor emosi (amarah) memiliki hubungan erat dengan kesehatan jantung. Kondisi jantung orang yang sering marah-marah cenderung kurang baik dibanding mereka yang jarang marah. Ketika sedang marah, denyut jantung akan meningkat drastis, darah yang mensuplai menjadi banyak. Ditambah adanya produksi hormon yang menjadikan ujung-ujung pembuluh darah menyempit yang merupakan penyebab lemah jantung.

Loading...

"Orang yang berpuasa akan lebih terkontrol tensinya karena orang yang berpuasa tidak akan marah," terang dokter spesialis saraf tersebut.

BACA JUGA:

Gadis ini rela tinggalkan dunia fashion show demi pertahankan hijab

Perempuan ini tetap pede berhijab di kompetisi masak Amerika, salut!

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Tinggalkan fashion show, Nitta yang berhijab kini jadi guru honorer

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

Menag: Tak perlu memaksa tutup warung di bulan puasa