1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Fadila Adelin 29 November 2015 21:13

Surat cinta rahasia John F Kennedy laku Rp 206 juta!

Surat-surat itu ditujukan pada seorang wanita bangsawan Swedia bernama Gunilla von Post.

Brilio.net - Barang peninggalan kejadian penting atau orang yang berpengaruh di dunia memang banyak diburu kolektor. Contohnya seperti sekeping biskuit peninggalan kapal Titanic yang laku dilelang dengan harga lebih dari Rp 300 juta. Kali ini yang dilelang adalah surat cinta rahasia tulisan tangan mantan presiden ke-35 Amerika Serikat, John F Kennedy.

Beberapa lembar surat itu dilelang di sebuah rumah lelang di Upper East Side, New York, AS, dan terjual seharga Rp 206 juta. Dikutip brilio.net dari NY Daily News Minggu (29/11), surat-surat itu ditujukan pada seorang wanita bangsawan Swedia bernama Gunilla von Post, yang JFK temui saat sedang berada di Prancis.

JFK bertemu Gunilla beberapa minggu sebelum pria itu menikah dengan Jacqueline "Jackie" Bouvier, lalu jatuh hati pada wanita sosialita tersebut. Bahkan, dikatakan JFK tetap intens mendekatinya setelah ia menikahi Jackie. Hal itu terlihat dari kumpulan surat-suratnya yang dikirimkan pada Gunilla.

"Kau sangat cantik, dan aku merindukanmu," tulisnya, dalam sebuah surat yang isinya dikutip oleh NY Daily News. Dalam serangkaian surat-suratnya, JFK berulang kali meminta untuk bertemu dengan Gunilla, yang suatu kali terwujud dan ceritanya diungkapkan dalam sebuah buku memoir yang ditulis Gunilla pada 1997, 'Love, Jack'.

Buku itu juga mengatakan bahwa JFK tadinya bahkan ingin meninggalkan istrinya untuk menikahi Gunilla, namun rencana itu digagalkan oleh ayahnya dan kehamilan sang istri. Dari sejumlah hasil pindai surat-surat tersebut yang diunggah oleh Daily Mail, terlihat surat-surat itu kebanyakan ditulis pada kertas surat berkop Senat AS. Koleksi surat tersebut ditemukan di antara harta benda peninggalan Gunilla, usai wanita itu tutup usia di umur 79 tahun pada 2011 lalu.

(brl/pep)

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?