Brilio.net - Kondisi pemanasan global yang terjadi di bumi saat ini memberikan dampak yang luar biasa terhadap kondisi ekosistem yang ada. Salah satu bukti dari kepunahan yang terjadi di bumi dapat dibuktikan dengan keberadaan fosil dinosaurus dan berbagai binatang purba lain yang telah dinyatakan menghilang.

Sebuah penemuan baru yang diterbitkan oleh Science Advances menemukan bahwa bumi saat ini mengalami fase kepunahan besar dalam sejarah. Banyak spesies tanaman baru yang kemudian hilang. Bukan hanya perihal mencairnya es di kutub, akan tetapi berbagai jenis spesies ikan pun banyak yang telah hilang.

"Kepunahan yang terjadi di bumi sudah terjadi cukup lama, namun tahun ini adalah kepunahan terbesar, hal ini terbukti dengan hilangnya berbagai spesies ikan dan berbagai jenis tanaman baru yang telah punah," ujar Kaleigh Rogers sebagai salah satu peneliti, dilansir brilio.net dari time.com, Minggu (21/6).

Hasil yang mencengangkan yang juga ditemukan oleh para peneliti, adanya perubahan rantai makanan dalam ekosistem. Jumlah pemangsa semakin berkurang dan pola makanan dari hewan pun telah berubah. Tercatat hilangnya 12 jenis spesies burung dalam waktu 1 tahun dan beberapa jenis ikan.

Loading...