Brilio.net - SMP Juara Pekanbaru binaan RZ (Rumah Zakat) memanfaatkan kancing untuk melakukan ujian nasional. Tapi jangan dikira cara ini dengan menebak-nebak jawaban dengan menghitung kancing ya. Namun upaya para siswa ini membuktikan kebenaran hukum Mendel dengan menggunakan kancing.

Hukum Mendel merupakan sebuah teori dalam ilmu genetika yang menjadi salah satu materi di pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Ujian tentang hukum Mendel diikuti 45 anak kelas IX dalam Ujian Nasional (UN) praktik yang digelar sejak Senin (4/4). Topik yang diambil dalam ujian praktek IPA terpadu adalah persilangan monohibrid dan dihibrid. Masing-masing dari mereka yang tergabung ke dalam kelompok menyiapkan 200 kancing untuk melakukan uji coba praktik sains tersebut.

"Awalnya kami sempat bingung dengan langkah-langkah yang dimaksud. Namun setelah mendengarkan penjelasan dari guru, kami mulai paham dan bisa mengerjakannya hingga selesai," tutur Deby, siswa kelas IX SMP Juara sebagaimana dalam rilisnya kepada brilio.net, Kamis (7/4).

Menurut Syahrul Padilah, Kepala Sekolah SMP Juara Pekanbaru, pembelajaran kreatif dan bermakna merupakan bagian yang senantiasa terus dihadirkan dalam proses pembelajaran di SMP Juara Pekanbaru. "Ujian praktik yang dilakukan oleh para siswa adalah sebuah karya kreatif yang mengkombinasikan ide lama dan ide baru sehingga menghasilkan karya yang unik. Terima kasih kepada Mis Yuliza Fitri selaku guru yang menghadirkan pembelajaran seperti ini," ujar Syahrul.

Ya kalau mau lulus harus belajar ya, bukan main tebak jawaban secara ngasal.

Loading...