Brilio.net - Nomor telepon darurat adalah satu atau beberapa nomor telepon yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat oleh masyarakat untuk mendapatkan bantuan dari berbagai pihak seperti polisi, pemadam kebakaran dan pertolongan medis atau pengangkutan (evakuasi) ke rumah sakit. Namun sayangnya, banyak orang belum sadar tentang hal ini, sehingga wajar saja jika akhirnya terjadi korban meninggal dunia, saat penanganannya terlambat.

Di banyak negara biasanya cuma ada satu nomor telepon darurat sehingga mudah diingat. Nomor darurat tunggal ini disebut nomor telepon darurat universal atau nomor telepon jasa-jasa penanganan keadaan darurat. Dengan nomor telepon darurat tunggal ini, masyarakat umum yang memerlukan bisa meminta bantuan dari jasa-jasa penanganan keadaan darurat setempat.

Nomor telepon darurat bisa berbeda-beda dari satu negara ke negara lainnya. Ada nomor telepon darurat yang sama di semua negara lewat telepon satelit global. Biasanya nomor telepon darurat terdiri dari tiga digit yang bisa diingat dengan mudah dan bisa dihubungi dengan cepat.

Di beberapa negara, seperti Indonesia misalnya, terdapat nomor telepon darurat yang berbeda-beda untuk setiap jasa penanganan keadaan darurat. Biasanya nomor-nomor telepon darurat ini mirip satu dengan lainnya dan hanya berbeda pada digit terakhir saja.

Nah kali ini, Jumat (3/7), brilio.net cantumkan dalam gambar berikut ini nomor-nomor darurat apa saja yang harus kamu simpan dalam HP.

Loading...

Nomor-nomor ini harus ada di HP kamu, penting saat darurat!

BACA JUGA:

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Nama 6 menu ini boleh saja seram tapi kelezatannya bikin ketagihan

Masih pagi sudah loyo? Kamu mesti cobain minum kopi dicampur telur

Jangan asal minum kopi! Ini waktu paling tepat buat kamu meminumnya

Nggak cuma bikin mata melek, kopi punya banyak manfaat buat kecantikan

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga