Brilio.net - Kopi memang nikmat dijadikan minuman untuk mengawali pagi. Tapi, apakah kopi hanya berfungsi sebagai minuman saja? Dilansir brilio.net dari instructables.com, Kamis (23/4), berikut 10 manfaat kopi yang perlu kamu tahu.

1. Untuk kebun

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

a. Kompos

Ampas kopi yang dicampur dengan alkali dapat dijadikan bahan kompos. Nah, cacing dalam kompos ini akan makan dari bubuk kopi tersebut. Dengan begitu, cacing bisa bekerja lebih aktif untuk menggemburkan tanah. Tanamanmu juga bisa menjadi subur.

Loading...

b. Pupuk

Sejumlah bubuk kopi bisa kamu tambahkan langsung ke atas tanah, terutama pada tanaman yang memiliki tingkat keasaman tinggi, seperti bunga mawar atau azalea.

c. Obat nyamuk dan pengusir hewan perusak tanaman

Kopi memiliki bau yang sangat kuat sehingga banyak serangga atau sejenisnya tidak suka. Pun dengan nyamuk, semut, siput, dan belatung juga tidak suka dengan keasaman kopi sehingga mereka akan pergi jauh-jauh darimu. Pun kopi bisa mengusir kucing atau anjing tetangga yang suka merusak tanaman bunga kesayangan kita.

2. Bahan aromatik

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

Kopi memiliki aroma segar yang khas. Kamu bisa lho, membuatnya menjadi bahan aromatik. Cukup masukkan kopi segar ke dalam stoking bersih. Bungkus dengan satu stoking lagi. Baru deh, kamu bisa menghirup aromanya.

3. Mempertajam penciuman

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

Kalau kamu pergi ke toko parfum, pasti mereka menyediakan biji kopi. Ternyata, biji kopi membantumu untuk mengembalikan fungsi indera penciumanmu setelah membau satu parfum tertentu.

Pasalnya, kita seringkali tidak bisa membedakan aroma parfum satu dengan yang lain, sehingga kopi kita perlukan untuk bisa lebih mempertajam indera penciuman kita saat berganti membau parfum yang lain.

4. Pewangi kulkas

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

Kopi bisa juga lho menyegarkan aroma kulkas yang biasanya bau makanan, seperti bawang atau bau makanan yang kuat lainnya. Kamu tinggal meletakkan kopi bubuk dalam kain seperti stoking tadi, di salah satu sudut lemari es. Kopi akan menyerap bau makanan dan menyebarkan aromanya yang menyenangkan.

5. Penyedap daging

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

Kamu bisa memanggang bubuk kopi selama 30 detik. Kemudian campurlah kopi panggang dengan rempah-rempah lain ke daging. Diamkan di dalam lemari es selama beberapa jam. Baru deh, masak daging sesuai keinginan. Rasakan sensasinya, ya.

6. Pencerah warna kain dan pembersih noda kayu

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

a. Pencerah warna kain

Merendam kain ke dalam panci berisi air kopi hangat, bisa mencerahkan kembali warna kain yang kusam. Biarkan kain terendam selama kurang lebih 24 jam, kemudian bilas dan biarkan mengering. Hasilnya bisa bikin kain yang kamu miliki terlihat seperti baru kembali.

b. Penggelap warna kayu

Kamu hanya perlu menyeduh kopi dan mendinginkannya sebentar. Lalu bisa kamu pergunakan untuk memberikan warna gelap pada kayumu, misalnya kursi kayu yang masih polos. Namun, pewarnaan ini memang tidak terlalu menghasilkan warna yang teramat gelap.

7. Melukis

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

Sekarang ini sudah ada seniman dan pengrajin yang menggunakan kopi, lho. Tentu saja dengan menggunakan ampas kopi yang telah diminum. Dengan menggunakan teknik yang tepat, kopi bisa menjadi media 'pengganti' cat lukis. lho.

8. Pembersih wajan atau panci kotor

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

Ampas kopi ternyata bisa membersihkan permukaan wajan atau panci yang terkena kotoran hitam, kasar, dan menempel kuat. Kamu hanya perlu menggosokkan ampas kopi di atas panci atau wajan tersebut. Lalu, bilaslah dan cuci dengan sabun seperti biasa.

9. Pembersih wajah atau jadi jenggot palsu

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

a. Pembersih wajah

Bubuk kopi bisa kamu gunakan untuk menggosok bagian wajah secara lembut. Sensasinya seperti menggosokkan pasir ke wajah, guys. Kopi mampu mencegah dan mengurangi kerutan di kulit. Selain itu, bisa mengangkat sel kulit mati. Maka, tak heran bila sekarang banyak facial foam untuk lelaki yang menggunakan kopi sebagai salah satu bahan dasarnya.

b. Jenggot palsu

Manfaat ini memang terbilang lucu bin nyeleneh. Tapi bisa kamu praktikkan, bagi yang cowok.

10. Penyegar napas

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga, wow!

Kalau menyeduh dan meminum kopi bercambur krim, susu, atau gula bisa membuat napasmu bau, maka mengisap biji kopi panggang bisa menyegarkan kembali mulutmu, lho.

Well, guys, sekarang kamu sudah tahu manfaat lain dari kopi. Kamu punya ide lain yang bermanfaat dari kopi? Jangan segan praktikkan, ya.