Brilio.net - Sebuah masjid di Turen, Kabupaten Malang menjadi terkenal dan sering dikunjungi oleh umat Islam dari berbagai penjuru Indonesia. Tidak sedikit yang datang ke masjid ini karena rasa penasaran akan cerita tentang berdirinya masjid megah ini.

Masjid tiban alias ajaib sering dihubungkan dengan sosok jin yang turun membantu pembangunannya. Masjid ini sebenarnya adalah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Pondok Pesantren ini memiliki nama yang sangat panjang.

Konon masjid yang sangat megah ini dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitar, dan menurut mitos dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam. Namun, ada masyarakat sekitar yang mengatakan bahwa pembangunan masjid semua bersifat transparan karena dikerjakan oleh santri dan jamaah.

Masjid ini pembangunannya misterius, di sekitarnya ada kolam renang

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Di depan meja penerima tamu dengan tulisan besar-besar, "Apabila ada orang yang mengatakan bahwa ini adalah pondok tiban (pondok muncul dengan sendirinya), dibangun oleh jin dan sebagainya, itu tidak benar. Karena bangunan ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibangun oleh para santri dan jamaah."

Pondok Pesantren tersebut konon mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad. Bangunan utama pondok dan masjid tersebut sudah mencapai 10 lantai, tingkat satu sampai dengan empat digunakan sebagai tempat kegiatan para Santri Pondokan, lantai enam seperti ruang keluarga, sedangkan lantai lima, tujuh, delapan terdapat toko-toko kecil yang di kelola oleh para Santriwati (Santri Wanita). Berbagai macam makanan ringan dijual dengan harga murah, selain itu ada juga barang-barang yang dijual berupa pakaian sarung, sajadah, jilbab, tasbih dan sebagainya.

Lebih uniknya, di dalam ponpes tersebut juga tersedia kolam renang, dilengkapi perahu yang hanya khusus untuk dinaiki wisatawan anak-anak. Jika kalian berkunjung kesana tentunya akan takjub dengan keindahan desain dan bentuk dari bangunan yang tak biasa dijumpai seperti masjid biasanya. Keindahannya seolah tidak biasa di buat oleh manusia karena begitu uniknya.

BACA JUGA:

Puasa dianggap cara jitu mendetoksifikasi tubuh, emangnya bener?

Ini daftar aplikasi yang berguna saat Ramadan, catat!

Jika kamu berpuasa, kamu akan dapat manfaat kesehatan ini

Penelitian buktikan berpuasa baik untuk kesehatan jantung

5 Hal lucu yang dilakukan anak kecil saat puasa pertama

4 Lagu Ramadan ini pernah ngehits banget di Indonesia

Resep takjil lezat dengan 2-3 bahan saja, gampang banget!

VIDEO: Tips menyajikan kurma tanpa biji

(brl/pep)