×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kisah Perang Hunayn, kemenangan kaum muslim yang sempat tercerai berai

View Image

0

BRILIO » News

Kisah Perang Hunayn, kemenangan kaum muslim yang sempat tercerai berai

Jumlah yang terkumpul kala itu adalah yang terbesar sejauh yang pernah Nabi pimpin, yaitu 12.000 orang.

25 / 06 / 2015

Brilio.net - Perang Hunayn dimulai dari desas-desus mengenai Suku Hawazin di bawah pimpinan Malik ibnu Awf al Nasri beserta sekutunya telah menggalang kekuatan mencapai 20.000 orang dan siap melakukan penyerangan dari arah timur Mekah. Mata-mata yang dikirim Muhammad pun mengamini hal tersebut, sehingga Muhammad bersiap siaga dengan mengumpulkan pasukan dari umat Islam yang telah menetap di Madinah maupun dari Mekah. Kebanyakan mereka baru masuk Islam. Jumlah yang terkumpul kala itu adalah yang terbesar sejauh yang pernah Nabi pimpin, yaitu 12.000 orang.

Rombongan Nabi pagi-pagi sekali telah bergerak yang akan melewati lembah Hunayn. Tak disangka, Malik telah mengetahui bahwa daerah itu akan dilewati kaum muslim, sehingga dia menempatkan pasukannya di kedua sisi lereng lembah yang tak akan terlihat oleh rombongan musuh. Sebagian lain di seberang ngarai yang sengaja menghadang rombongan Nabi yang akan datang dari bawah lembah.

Rombongan muslim menjadi kocar-kacir dengan "kejutan" dari pasukan Malik ini, sebab pimpinan perang kaum muslim Khalid ibnu Walid tak mampu mengendalikan pasukan. Masing-masing berupaya menyelamatkan diri sendiri dengan berlari balik arah. Kondisi ini membuat Nabi turun tangan dengan segera mengumpulkan sahabat terdekat untuk menyerukan sebuah peringatan yang menyadarkan rombongannya agar tak mundur. Hal ini disebabkan oleh perasaan sombong yang hadir pada sebagian dari mereka atas jumlah pasukan mereka yang sangat banyak tersebut. 

Teriakan sang Nabi disambut oleh para kaumnya dengan teriakan Labbayk! Labbayk! (Inilah kami! Inilah kami!) serta melancarkan serangan balasan. Nabi melakukan seperti yang pernah dilakukan di Badar, yaitu melemparkan beberapa buah batu ke arah musuh sambil berdoa memohon bantuan-Nya. Pasukan Nabi bergerak membalas yang membuat pasukan Malik terperangah dan terpaksa mundur karena terus dikejar pasukan muslim. Sebagian bersembunyi di perbukitan, sementara sang pimpinan berlindung di Kota Taif.

Kemenangan pasukan Nabi ini menghasilkan banyak rampasan serta tawanan perang yang disimpan di Jiranah dan oleh Nabi diminta agar tak dibagi-bagikan sampai beliau kembali. Sebagian pasukan lalu berangkat ke Taif mencari Malik beserta orang-orangnya yang tersisa. Selama dua pekan Malik tak terpancing keluar, maka Nabi memutuskan kembali ke Jiranah untuk merumati para tawanan perang.

Loading...

Hal ini diceritakan dalam Alquran surah Attaubah ayat 25-26, "Sesungguhnya Allah telah menolong kamu (hai para mukminin) di medan peperangan yang banyak, dan (ingatlah) peperangan Hunain, yaitu diwaktu kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlah (mu), maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikitpun, dan bumi yang luas itu telah terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari kebelakang dengan bercerai-berai. Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang yang beriman."

BACA JUGA:

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Nama 6 menu ini boleh saja seram tapi kelezatannya bikin ketagihan

Masih pagi sudah loyo? Kamu mesti cobain minum kopi dicampur telur

Jangan asal minum kopi! Ini waktu paling tepat buat kamu meminumnya

Nggak cuma bikin mata melek, kopi punya banyak manfaat buat kecantikan

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more