Brilio.net - Penyakit jantung masih menjadi momok bagi sebagian besar orang. Serangan jantung bisa menyerang kapan saja dan siapa saja. Lee Hall (26) dapat tetap hidup meskipun mengalami kegagalan operasi transplansi jantung.

Bapak satu anak asal Cornwall, Inggris ini diselamatkan oleh 'jantung dalam kotak' selama masa tunggu mendapatkan donor jantung. Lee adalah orang pertama yang memanfaatkan temuan baru ini.

Dikutip dari Mirror, jantung yang telah berhenti selama 30 menit dapat dihidupkan kembali dan terus berdetak dalam kotak khusus yang dapat menjaganya bertahan selama delapan jam sebelum operasi transplantasi dimulai.

Lee  dinyatakan gagal jantung ketika berusia 14 tahun. dengan rutin mengkonsumsi obat peningkat fungsi jantung dia dapat bertahan, namun pada usia 20 tahun teknisi listrik ini mulai sering sesak napas dan mudah lelah di tempat kerja.

Selama lima tahun Lee hidup dengan jantung robotik, namun awal tahun ini dia dimasukkan dalam daftar mendesak transplantasi. Lee kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Harefield di Middlesex dan menjalani transplantasi pada Juni lalu.

Loading...

André Simon, direktur transplantasi di Royal Brompton & Harefield NHS Foundation Trust mengatakan, "Penggunaan hati non tanpa alat kejut ini adalah perkembangan yang sangat menarik yang pada akhirnya akan membantu kita menyelamatkan lebih banyak nyawa."