Brilio.net - Kita semua pasti mengakui bahwa perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat. masyarakat sekarang juga bisa dibilang tak bisa dipidahkan dengan teknologi khususnya yang bermanfaat. Dari situlah kemudian banyak sekali anak muda Indonesia yang memanfaatkan teknologi menjadi hal yang lebih berguna.

Kontrol gula darah kini bisa pakai aplikasi android

Sebut saja Farida Amila Husna, Rendra Budi Hutama, Achmad Sayfudin dan Rahmat Heru Kurniawan, empat mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang membuat aplikasi android bagi para penderita diabetes bernama 2 in 1 Diamon.

"2 IN 1 Diamon adalah sebuah paket aplikasi untuk pemantauan dan kontrol kadar gula penderita diabetes melitus yang diintegrasikan dengan glukometer dan sinkronisasi dengan web dokter," cerita Farida pada brilio.net, Rabu (12/8).

Farida juga menambahkan bahwa aplikasi ini memang dirancang khusus untuk membantu penderita diabetes melitus dengan cara pengukuran kadar gula darah melalui glukometer dan membuat log kontrol terbaru. Hasil data pengukuran dan log yang telah dibuat diolah oleh aplikasi ini dan keluarannya dapat disinkronisasikan dengan web dokter selain itu dapat memberikan saran pengontrolan gula darah, baik dari segi makanan yang dikonsumsi, aktivitas dan pengobatannya.

Loading...

Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, yaitu dengan mengisi data pada aplikasi 2 in 1 Diamon, kemudian melakukan tes dengan glucometer dan kemudian glucometer tadi akan mengirim datanya pada aplikasi. Salah satu keunggulan dari alat ini adalah dapat disinkronisasi dengan web dokter, sehingga dokter dapat memantau pasien dari jarak jauh.

Inovasi ala mahasiswa ini sendiri sudah berhasil menjadi juara di beberapa kompetisi bergengsi seperti INAICTA 2014 (Indonesia ICT Award) dan Merit APICTA 2014(Asia Pasifik ICT Award). Dan saat ini sendiri Farida dan rekan-rekannya sudah mulai menawarkan inovasi buatan mereka pada beberapa rumah sakit agar banyak orang yang semakin terbantu.