Brilio.net - Sebagai penderita diabetes, jenis makanan yang harus dikonsumsi tentunya harus dipilah-pilah secara cermat. Tidak boleh yang mengandung gula berlebihan dan tentunya harus yang menyehatkan. Jenis minuman seperti es krim pun terpaksa harus dimasukkan dalam kelompok makanan dan minuman terlarang untuk para penderita diabetes.

Berangkat dari situlah, sekelompok mahasiswa di Universitas Brawijaya membuat varian es krim yang aman bagi para penderita diabetes yakni es krim tiwul. Mereka adalah Gusminanda Oktavia, Wahyu Setianingsinh, Nanda Ulfa Riski, Nur Afiana dan Luthfinda Windi (Agroekotekonologi).

Es krim unik untuk penderita diabetes

"Kita awalnya mau mengangkat makanan tradisional yang sudah tidak booming lagi yakni tiwul," ujar Nanda kepada brilio.net, Sabtu (8/8). "Keunggulan produk kita adalah rendah lemak dan gula, jadi penderita diabetes tetap bisa makan enak, itu tujuan kami."

Tiwul itu kemudian diolah sedemikian rupa dan dicampur dalam adonan es krim dengan rasa bermacam-macam seperti cokelat, strawberry, vanila dan kacang hijau. Para penderita diabetes juga tidak perlu khawatir karena es krim ini dijamin rendah gula karena Nanda dan kawan-kawan mengganti susu segar yang digunakan untuk adonan dengan susu kedelai. Tak hanya itu saja, mereka juga mengganti gula dengan madu. Jadi sangat aman untung penderita diabetes.

Loading...

Es krim tiwul ini sudah mulai dijual mulai bulan April lalu di sekitaran kota Malang dan Batu. Satu cupnya mereka jual dengan harga yang sangat murah, yakni cuma Rp 5.000. "Alhamdulillah respon pembeli bagus, katanya rasa tiwulnya kerasa banget dan enak," pungkas Nanda.