×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 5 bom bunuh diri yang mengguncang dunia

View Image

0

BRILIO » News

Ini 5 bom bunuh diri yang mengguncang dunia

Ignaty Grinevitsky orang pertama yang menjadi sangat terkenal karena melakukan bom bunuh diri.

16 / 11 / 2015

Brilio.net - Bom bunuh diri dan penembakan di Paris, Prancis pada Jumat (13/11) telah memakan korban lebih dari 150 orang. Ini bukan kali pertama Paris menjadi sasaran penyerangan. Beberapa bulan sebelumnya, tepatnya di bulan Januari, sempat terjadi penembakan di salah satu kantor majalah satir di Paris dan menewaskan 12 orang.

Dalam sejarah sendiri, tahun 1881, Ignaty Grinevitsky seorang anggota sayap kiri dari pemberontakan rakyat di Rusia melakukan bom bunuh diri hingga menewaskan Tsar Alexander II. Bom bunuh diri Grinevitsky telah membuat seorang Kaisar yang telah memerintah selama 27 tahun tewas. Dialah orang pertama yang menjadi sangat terkenal karena melakukan bom bunuh diri.

Dalam perkembangannya, bom bunuh diri menjadi sebuah tren di kalangan sekelompok orang. Serangan ini dianggap bentuk pencarian surga instan dengan mengorbankan diri sendiri dan banyak orang awam.

Catatan bom bunuh diri, akhirnya menjadi koreksi kita bersama untuk terus memegang kukuh prinsip perdamaian dunia. Nah, brilio.net, Senin (16/11) merangkum lima bom bunuh diri yang mengguncang dunia. Silakan simak di sini.

1. Bali, Indonesia

Loading...

Ini 5 bom bunuh diri yang mengguncang dunia

foto: alochonaa.com

Tentu kita tak akan pernah lupa tentang air mata di Bali pada Oktober 2002. Bom Bali I ini terjadi di 3 lokasi yakni Paddy's Pub, Sari Club, dan di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat. Tercatat 202 korban jiwa dalam peristiwa ini. Tiga tahun kemudian di bulan yang sama, terjadi Bom Bali II yang menewaskan 23 orang tewas.

Tidak selesai di situ, serangkaian kasus bom bunuh dari masih menghantui Indonesia hingga tahun 2013. Salah satu yang juga menggemparkan dunia yakni ketika Dani Dwi Permana meledakkan bom di Hotel JW Marriot di Mega Kuningan, Jakarta hingga menewaskan 7 orang dan 50 orang luka-luka.

2. Ankara, Turki

Ini 5 bom bunuh diri yang mengguncang dunia

foto: www.bbc.com

Bom kembar meledak di kawasan persimpangan jalan di dekat stasiun kereta api di Ankara, Turki, Oktober 2015 silam. Stasiun ini adalah stasiun kereta api tersibuk di Turki. Dalam peristiwa tersebut, 86 orang meninggal dan 186 luka-luka.

3. Qatif, Arab Saudi

Ini 5 bom bunuh diri yang mengguncang dunia

foto: www.businessinsider.com

Aksi bom bunuh diri terjadi di salah satu masjid di Arab Saudi pada 6 Agustus 2015. Dalam peristiwa tersebut, 17 orang tewas dan puluhan lain luka-luka. Lima bulan sebelumnya, Mei 2015, juga terjadi dua bom bunuh diri yang menghantam masjid kaum Syiah di Arab Saudi. Ledakan pertama terjadi di sebuah masjid di Qatif di sebelah timur Kerajaan menyebabkan 21 orang tewas. Sedangkan serangan berikutnya, menewaskan empat orang di sebuah masjid di Dammam.

4. Beirut, Lebanon

Ini 5 bom bunuh diri yang mengguncang dunia

foto: www.huffingtonpost.com

Dua bom berdekatan meledak di sebuah kawasan pemukiman di selatan Beirut, Ibu Kota Lebanon pada 12 November 2015. Lebih dari 36 orang meninggal dan 100 orang luka-luka dalam insiden ini. Dua pelaku bom bunuh diri meledakkan diri mereka dengan jarak yang tak terlalu jauh pada pukul 18.00 waktu setempat.

32 tahun yang lalu, pada 23 Oktober 1983, di Beirut, Lebanon, juga terjadi bom bunuh diri yang menewaskan 220 marinir AS dan 21 tentara Prancis. Seluruh korban adalah bagian dari pasukan multi-nasional yang tengah berupaya mengakhiri perang saudara di Lebanon. Kejadian ini diawali ketika dua buah truk yang membawa 1,4 ton bahan peledak ditabrakkan ke markas militer AS di Beirut. Tabrakan tersebut memicu ledakan super dahsyat. Kedua sopir yang mengemudi truk tersebut adalah Abu Mazen dan Abu Sijaan.

5. Prancis

Ini 5 bom bunuh diri yang mengguncang dunia

foto: www.nbcnews.com

Bagaimana tidak mengguncang dunia? Bom bunuh diri dan penembakan di Paris, Perancis menewaskan sedikitnya 150 orang dan ratusan orang luka-luka. Peristiwa, yang diduga didalangi oleh ISIS ini mengundang jutaan pernyataan belasungkawa dengan tagar #prayforparis.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more