Brilio.net - Saat bekerja sama dengan orang lain dalam mengerjakan tugas, baik itu tugas kuliah atau tugas kantor, kamu tak pernah tahu tiba-tiba ada yang 'nyerobot' dengan mengambil ide milikmu. Rasanya sebal banget, kan?

Nah, bagaimana cara mengatasi situasi yang bikin darah mendidih seperti ini? Dilansir brilio.net dari FOX NEWS Latino, Sabtu (14/11), berikut caranya:

1. Berpikir positif

Ide kamu dicuri teman? Atasi dengan 5 langkah ini

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: giphy.com

Meskipun saran ini klise, tapi dengan berpikir positif, kamu akan terus berjalan di jalur yang benar dan tepat selama mengerjakan tugas. Jangan terjebak dalam kepicikan sama seperti kawanmu yang mencuri idemu itu. Kalau kamu terus melakukan hal benar dan tepat, semua orang termasuk pimpinanmu, akan percaya bahwa kamu adalah orang yang baik dan dapat diandalkan.

2. Membiarkan itu terjadi

Ide kamu dicuri teman? Atasi dengan 5 langkah ini

foto: giphy.com

Salah satu opsi respons saat idemu diakui oleh rekan sendiri adalah mendiamkannya. Tapi bukan berarti kamu nggak melakukan tindakan pencegahan ke depannya. Kamu yang rugi, sementara dia menang dengan licik. Kamu boleh sesekali melakukan hal serupa tapi dengan cara yang lebih cerdas. Misalnya, kamu meniru idenya tapi kamu kreasikan lagi sehingga kamu nggak dituduh menjiplak idenya mentah-mentah. Kenapa kamu melakukannya? Orang yang hobi mengambil ide orang lain sesekali butuh diberi pelajaran.

3. Jangan berbagi ide lagi sama dia

Ide kamu dicuri teman? Atasi dengan 5 langkah ini

foto: giphy.com

Ya, kalau kamu sudah tahu dia sukanya menjiplak idemu, jangan lagi berdiskusi dengannya dan mengklaim idemu. Siapa tahu kan, idemu diambil lagi olehnya?

4. Tegur langsung

Ide kamu dicuri teman? Atasi dengan 5 langkah ini

foto: giphy.com

Opsi lain mengatasi kejengkelanmu karena ide diambil oleh rekan dan berupaya menghentikan kebiasaannya itu, tegur saja dia. Sampaikan secara baik-baik dan bertanya apa motifnya mengambil idemu, padahal sama-sama tahu ide itu sudah kamu klaim. Kalau dia mengelak, sampaikan saja bahwa pencuri ide nggak akan pernah berkembang karena dia hanya bisa mengambil milik orang lain, bukan menciptakan sesuatu sendiri. Dia maupun kamu sama-sama tahu, siapa yang menanam kebaikan, akan menuai kebaikan pula.

5. Mengonsultasikan kepada pihak manajemen

Ide kamu dicuri teman? Atasi dengan 5 langkah ini

foto: giphy.com

Kalau ulah kawanmu sudah nggak bisa kamu atasi sendiri, lebih baik kumpulkan semua bukti dan ajukan kepada pihak 'berwajib' dalam kelompok tugas atau tempat kerja untuk menindaklanjuti kecurangan seperti ini. Pasalnya, sikap kawanmu itu bisa merugikan banyak orang. Siapa tahu kan, bukan hanya ke kamu saja dia begitu? Dengan pihak netral dan berwenang terlibat, 'imbalan' sepantasnya bisa memberikan efek jera pada kawanmu itu.

Oke, kamu punya tips sendiri mengatasi teman yang suka ngambil ide teman lain?

(brl/pep)