Brilio.net - Jika membeli suatu makanan dalam kemasan tentunya selalu ada tanggal pembuatan dan masa kedaluwarsanya. Namun bagaimana dengan bahan makanan yang langsung dibeli dari pasar, seperti telur dan daging dan lain-lainnya? Tentunya tidak ada masa kedulawarsanya kan?

Lalu bagaimana kita mengetahui bahan-bahan itu masih aman dipakai atau tidak? Beruntung salah satu instansi di Amerika Serikat yakni National Resource Defense Council melakukan penelitan demi mengetahui masa kedaluwarsa setiap bahan makanan. Berikut daftarnya seperti yang dilansir dari Sciencealert, Senin (11/8).

1. Daging unggas

Daging unggas seperti ayam atau bebek bisa disimpan dalam kulkas selama satu sampai dua hari. Namun jika daging ayam dibungkus dalam suatu kemasan bisa bertahan lebih lama yakni sekitar 3-4 hari.

2. Daging sapi dan kambing

Loading...

Daging sapi dan kambing dapat disimpan dalam kulkas selama tiga sampai lima hari. Namun jika ingin lebih tahan lama bisa disimpan dalam freezer.

3. Telur

Telur ini masih kontroversial, namun beberapa peneliti meyakini telur bisa bertahan sekitar 3-5 minggu di dalam kulkas setelah masa pembelian.

4. Kacang-kacangan

Kacang bisa bertahan hingga 10-12 bulan meski pun berada di luar tempat pendingin.

5. Selai kacang

Setelah membuka botolnya, selai kacang bisa bertahan hingga tiga bulan. Namun jika kamu mendinginkannya bisa bertahan cukup lama yakni sekitar empat bulan.

6. Mie instan

Makanan teman para mahasiswa ini ternyata punya masa kedaluwarsa yang cukup lama, yakni sekitar tiga tahun jika disimpan dalam lemari.

7. Cokelat

Cokelat ini lebih baik disimpan dalam suhu kamar, bukannya kulkas karena bisa bertahan cukup lama. Yakni sekitar 6-9 bulan setelah masa pembelian.

8. Susu

Susu lebih baik disimpan sekitar satu minggu setelah masa pembelian. Namun jika disimpan dalam kulkas bisa bertahan lama hingga tiga bulan.

9. Selada

Sayur selada ini bisa disimpan dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya. Namun jangan lama-lama karena masa kedaluwarsa selada hanyalah satu minggu saja, lebih dari itu dia akan layu.

10. Saus dan kecap

Kecap yang belum dibuka tutupnya bisa bertahan hingga satu tahun. Namun jika sudah dibuka cuma bisa bertahan satu bulan bila disimpan dalam lemari dan enam bulan jika disimpan di kulkas.

11. Madu

Kabar baik buat semua, karena madu memiliki daya tahan yang paling lama, yakni selamanya alias tidak ada masa kedaluwarsanya.