1. BRILIO.NET
  2. »
  3. News
Erina Wardoyo 10 Agustus 2015 19:36

Berikut masa kedaluwarsa bahan-bahan makanan di rumah, catat!

Bagaimana kita mengetahui bahan-bahan itu masih aman dipakai atau tidak?

Brilio.net - Jika membeli suatu makanan dalam kemasan tentunya selalu ada tanggal pembuatan dan masa kedaluwarsanya. Namun bagaimana dengan bahan makanan yang langsung dibeli dari pasar, seperti telur dan daging dan lain-lainnya? Tentunya tidak ada masa kedulawarsanya kan?

Lalu bagaimana kita mengetahui bahan-bahan itu masih aman dipakai atau tidak? Beruntung salah satu instansi di Amerika Serikat yakni National Resource Defense Council melakukan penelitan demi mengetahui masa kedaluwarsa setiap bahan makanan. Berikut daftarnya seperti yang dilansir dari Sciencealert, Senin (11/8).

1. Daging unggas
Daging unggas seperti ayam atau bebek bisa disimpan dalam kulkas selama satu sampai dua hari. Namun jika daging ayam dibungkus dalam suatu kemasan bisa bertahan lebih lama yakni sekitar 3-4 hari.

2. Daging sapi dan kambing
Daging sapi dan kambing dapat disimpan dalam kulkas selama tiga sampai lima hari. Namun jika ingin lebih tahan lama bisa disimpan dalam freezer.

3. Telur
Telur ini masih kontroversial, namun beberapa peneliti meyakini telur bisa bertahan sekitar 3-5 minggu di dalam kulkas setelah masa pembelian.

4. Kacang-kacangan
Kacang bisa bertahan hingga 10-12 bulan meski pun berada di luar tempat pendingin.

5. Selai kacang
Setelah membuka botolnya, selai kacang bisa bertahan hingga tiga bulan. Namun jika kamu mendinginkannya bisa bertahan cukup lama yakni sekitar empat bulan.

BRILIO VIDEO

AS, Korsel dan Jepang Gelar Latihan Gabungan

6. Mie instan
Makanan teman para mahasiswa ini ternyata punya masa kedaluwarsa yang cukup lama, yakni sekitar tiga tahun jika disimpan dalam lemari.

7. Cokelat
Cokelat ini lebih baik disimpan dalam suhu kamar, bukannya kulkas karena bisa bertahan cukup lama. Yakni sekitar 6-9 bulan setelah masa pembelian.

8. Susu
Susu lebih baik disimpan sekitar satu minggu setelah masa pembelian. Namun jika disimpan dalam kulkas bisa bertahan lama hingga tiga bulan.

9. Selada
Sayur selada ini bisa disimpan dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya. Namun jangan lama-lama karena masa kedaluwarsa selada hanyalah satu minggu saja, lebih dari itu dia akan layu.

10. Saus dan kecap
Kecap yang belum dibuka tutupnya bisa bertahan hingga satu tahun. Namun jika sudah dibuka cuma bisa bertahan satu bulan bila disimpan dalam lemari dan enam bulan jika disimpan di kulkas.

11. Madu
Kabar baik buat semua, karena madu memiliki daya tahan yang paling lama, yakni selamanya alias tidak ada masa kedaluwarsanya.

(brl/pep)

YOU MAY ALSO LIKE

MAKMUR Ep 4 - Martabak
Kamu pencinta martabak? Cek yuk rekomendasi tempat martabak manis yang enak dan murah di Jakarta menurut MAKMUR! Dijamin bikin ngileeer dan gak bikin kantong jebol! #MAKMURBRILIO ---- Host: Josie Valentino : https://www.instagram.com/joshvantino/ Rika Siahaan : https://www.instagram.com/rikaelenora/ Tonton juga video lainnya dari Brilio channel: Brilio Video Indonesia https://www.youtube.com/channel/UCjRH... Brilio English Video https://www.youtube.com/channel/UCXcS... Part of Brilio Brilicious Production ---- SUBSCRIBE https://www.youtube.com/channel/UCjRH... WEBSITE: http://brilicious.brilio.net http://brilio.net FACEBOOK: https://www.facebook.com/BrilioVideoI... https://www.facebook.com/Brilicious.f... TWITTER: https://twitter.com/brilionet?lang=id INSTAGRAM: https://www.instagram.com/brilicious.... https://www.instagram.com/brilionet/ ---- LOKASI Martabak San Fransisco Alamat : Jalan Patiunus No.48, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan Telepon : 0812-8828-9009 Martabak Bandung Elin Alamat : Jalan Pinang Perak, Pondok Indah - Jakarta Selatan Telepon : (021) 99931361 Martabak Bangka Akim Alamat : Jl. Tanjung Duren Utara IV No. 455 - 457, Tanjung Duren - Jakarta Barat Telepon : 0851 0078 0695
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Berikut masa kedaluwarsa bahan-bahan makanan di rumah, catat!.
Bagaimana kita mengetahui bahan-bahan itu masih aman dipakai atau tidak?
https://www.brilio.net/news/berikut-masa-kedaluwarsa-bahan-bahan-makanan-di-rumah-catat-1508104.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


AYO MENANGIN TOTAL 10 JUTA RUPIAH
UNTUK 10 CREATOR PALING KREATIF!

Ikutan SEKARANG!
TOP

Would you like to switch to the English Version?