Brilio.net - Ibu kamu pernah masak sayur pare? Sekali pun super pahit, ternyata pare punya khasiat kesehatan, lho. Berikut dikutip brilio.net dari laman A2Z Lifestyles, Sabtu (4/7), khasiat pare yang perlu kamu tahu.

1. Masalah pencernaan

Pare merupakan sayuran yang mengandung senyawa obat cacing sehingga bisa mengobati masalah pencernaan. Senyawa ini akan membunuh parasit dalam tubuh, yang menyebabkan infeksi. Selain itu, pare bisa menghilangkan racun yang membunuh bakteri baik dalam perut kita. Orang-orang di negara timur, biasanya memakan sayur ini secara mentah atau dicelupkan ke dalam madu atau minyak zaitun untuk menetralisir rasa pahitnya.

2. Infeksi

Pare bisa mengatasi infeksi seperti malaria, cacar, campak, herpes, dan bahkan HIV. Elemen Pare bisa memperlambat bakteri penyebab infeksi atau penyakit dan membantu mengeluarkan mereka dari tubuh.

Loading...

3. Masalah jantung

Pare memiliki sifat antiinflamasi. Dia membakar lemak yang tidak perlu dan menyumbat arteri dan vena. Dengan begitu, bisa membuat jantung sehat. Untuk mengatasi masalah jantung, kamu bisa mengonsumsi pare yang masih muda, rasanya tidak terlalu pahit tapi tetap bermanfaat.

4. Diabetes

Sayuran pahit ini bisa mengatasi diabetes karena mengandung senyawa yang disebut charantin, yang membantu menjaga jumlah glukosa tetap rendah. Dengan begitu, dapat meningkatkan sensitivitas insulin tubuh. Namun kamu harus hati-hati kalau kamu mengalami hipoglikemik, maka kamu harus berhenti memakan pare.

5. Antikanker

Ada dua senyawa bermanfaat dalam pare, pertama yaitu 15,16-Dihydroxy-α-eleostearic acid yang terkandung dalam daging buahnya, dan yang kedua adalah α-Eleostearic acid yang terkandung di dalam bijinya. Dua senyawa inilah yang menjadi sifat antikanker. Pare bisa sangat bermanfaat bagi orang dengan leukimia dan anemia.

6. Antiaging

Pare memiliki sifat antiaging atau antipenuaan karena memiliki sifat antioksidan. Mengapa bisa? Ternyata pare mengandung vitamin C, lho. Vitamin C inilah yang menyingkirkan radikal bebas.

7. Memperlancar peredaran darah

Teh atau jus pare bisa membantu mengatur aliran darah dalam tubuh kamu, lho. Dia akan membantu racun keluar dari tubuhmu, sehingga tubuh selalu sehat dan bebas infeksi.

8. Bermanfaat untuk rambut

Ya, pare memiliki khasiat untuk rambut, guys. Dia menjaga rambutmu dari ketombe, ujung bercabang, masalah kulit kepala, rambut rontok, rambut beruban, memperkuat rambut, bahkan membuatnya tampak berkilau. Kamu bisa menerapkan ekstrak pare atau sisipkan irisan pare pada kulit kepala dan rambut, atau kamu bisa memakannya seperti biasa.

BACA JUGA:

Menikmati sajian tradisional tapi mewah, spageti belut

Meski tradisional, kompor anglo tanah ini berbahan bakar uang

Kini jamu tradisional hadir sebagai resep obat di Puskesmas lho

Kuliner tradisional Jawa Barat ini jadi sajian primadona delegasi KAA

Manisnya gatot tiwul Mbah Hadi, jajanan tradisional legendaris Jogja

Jajanan jadul es gosrok, cara makanya pelan-pelan takut pecah

Evolusi Anak Mas, jajanan legendaris jadul

Bukan jajanan biasa, bakso warna-warni ini berbahan lele, buah & sayur