Brilio.net - Tidak hanya soal harga, untuk belanja buah kamu harus lebih selektif lagi. Semakin modern, banyak zat kimia/pestisida yang digunakan dalam menanam buah. Yang mengejutkan lagi, 2/3 buah-buahan sudah terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya tersebut.

Dikutip brilio.net dari takepart.com, Jumat (27/3), temuan tersebut sudah diterbitkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dengan jumlah 3.000 sampel dari berbagai macam jenis buah dan sayuran.

Selain itu, dilansir dari jurnal Environmental Health Perspectives, apel merupakan buah nomor satu yang terkontaminasi oleh pestisida. Selain itu, selisih harga apel organik dan apel biasa (yang mengadung pestisida) hanya 1 USD per pon.

Jadi sangat dianjurkan untuk memilih apel organik meskipun harganya lebih mahal. Jurnal tersebut juga mengungkap bahwa orang yang sering makan buah-buahan dengan kandungan pestisida tinggi bisa terkena penyakit komplikasi dalam jangka panjang. Selain itu, pestisida juga bisa menjadi pemicu penyakit kronis dan juga autis.

Loading...

Tidak hanya apel saja, ternyata banyak juga buah dan sayur yang sering kamu konsumsi ternyata mengadung pestisida yang tinggi. Berikut daftar 12 peringkat buah yang kini sudah dianggap berbahaya:

1. Apel

2. Persik

3. Nektarin

4. Stroberi

5. Anggur

6. Seledri

7. Bayam

8. Paprika

9. Timun

10. Tomat

11. Kacang polong

12. Tomat

Jika kamu bingung bagaimana memilih buah yang organik atau bukan di pasaran, ada 15 buah yang dijamin bebas dari pestisida. Berikut rekomendasinya:

1. Alpukat

2. Jagung manis

3. Nanas

4. Kubis

5. Kacang polong manis

6. Bawang merah

7. Asparagus

8. Mangga

9. Pepaya

10. Kiwi

11. Terong

12. Jeruk Bali

13. Melon

14. Kembang Kol

15. Ubi jalar