Brilio.net - Kamu suka makan masakan padang? Nah, mungkin kamu perlu perhatikan hal-hal ini dulu sebelum memakannya. Daun singkong adalah salah satu pelengkap wajib yang selalu ada dalam masakan padang. Tapi tahukah kamu, bahwa ada beberapa warung makan padang yang menggunakan boraks dalam merebusnya?

Seperti dijelaskan Faisal (32) salah seorang pedagang nasi padang di Yogyakarta. Lazimnya, daun singkong yang direbus dengan cara yang aman, setelah matang warnanya akan hijau tua menuju kehitam-hitaman. Namun jika ada penggunaan boraks atau bleng di dalamnya maka warna daun singkong akan tetap hijau segar.

"Jadi bleng itu dipakai biar sayur cepet empuk, tahan lama, dan warnanya jadi bagus. Hijau seger gitu. Tapi justru itu yang nggak bagus," tutur Faisal kepada brilio.net, Jumat (31/7)

Menurut Faisal banyak para pedagang dan pemilik rumah makan ini, tidak tahu menahu bahwa bleng adalah nama lain boraks. Mereka menganggap, dengan nama yang tidak identik, maka kandungannya pun jauh berbeda. Padahal, bleng merupakan cap yang tak lain hanya nama lain dari boraks.

Walaupun boraks bukan benar-benar racun tapi penggunaannya bukan berarti aman. Apalagi jika dikonsumsi secara rutin tentu akan menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker.

Loading...

"Kebanyakan orang salah pengertian. Kalau sayuran rebus berwarna hijau seger dikiranya masih bervitamin. Tapi kan kenyataannya nggak semua kayak gitu," kata Faisal lagi.

So guys, sekarang hati-hatilah kalau makan masakan padang. Pilih daun singkong yang warnanya hijau kehitam-hitaman ya!