Brilio.net - Salah satu yang menjadi kekayaan Indonesia adalah keberadaan kuliner yang begitu beragam dan berbeda di setiap daerah. Kuliner yang tidak kalah uniknya berasal dari suku Bugis, Sulawesi Selatan.

Di daerah ini terkenal dengan berbagai jajanannya atau kue tradisionalnya yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Berikut 6 jajanan khas Bugis yang terbuat dari pisang yang telah dikumpulkan oleh brilio.net, Kamis (30/7).

1. Pisang ijo

6 Jajanan khas Bugis yang terbuat dari pisang, yummy

Pisang ijo merupakan salah satu jajanan khas Bugis yang cukup dikenal. Bahan dasarnya terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan terigu berwarna hijau. Kemudian disajikan dengan kuah santan yang kental dan sirup.

Loading...

2. Pallabutug

6 Jajanan khas Bugis yang terbuat dari pisang, yummyPallabutung juga menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Pisang dimasak dengan kuah santan dan sedikit campuran terigu serta gula yang memberikan rasa manis dan gurih.

3. Sanggara sitamblo

6 Jajanan khas Bugis yang terbuat dari pisang, yummySanggara sitamblo dibuat dari pisang yang dimasak dengan gula pasir yang dibuat karamel serta campuran kacang dan mentega yang dimasukkan ke dalam pisang.

4. Burongko

6 Jajanan khas Bugis yang terbuat dari pisang, yummyBurongko dibuat dari pisang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan gula, telur dan santan lalu dimasukkan ke dalam cetakan daun khusus yang kemudian direbus.

5. Sanggara epe

6 Jajanan khas Bugis yang terbuat dari pisang, yummy

Pisang dibakar lalu dipenyet kemudian diberi parutan kelapa muda dan disiram dengan air gula mereka. Jajan satu ini dapat dijumpai di sepanjang warung di lokasi Pantai Losari.

6. Sanggara peppe

6 Jajanan khas Bugis yang terbuat dari pisang, yummy

Sangga peppe menggunakan pisang yang belum begitu matang yang kemudian digoreng lalu dipenyet dan digoreng kembali. Yang menjadi ciri khas untuk jajan satu ini adalah dimakan dengan sambal atau saus yang pedas.

Itu tadi 6 jajanan khas Bugis yang menggunakan pisang sebagai bahan dasar pembuatannya. Bagaimana? Apakah di daerahmu juga ada jajan yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya?