Brilio.net - Jika kamu sedang berkunjung ke Jogjakarta dan berada di kawasan alun-alun kidul, tak ada salahnya mampir ke warung ini. Walau kelihatannya kecil dari depan, namun warung makanan yang menjual brongkos ini sudah terkenal seantero Jogjakarta dan jadi langganan para artis.

Terletak di bagian selatan alun-alun kidul, warung yang bernama Handayani ini sudah berdiri sejak tahun 1975. "Dulu sebelumnya ayah ibu saya menjajakannya lewat gerobak, ayah saya jual es lalu ibu jual pecel," ujar Tri Suparmi (52) kepada brilio.net, Jumat (29/5). "Baru setelah dapat warung disini jualan brongkos dan es."

Kelezatan brongkos Handayani bikin para artis ketagihan

Anak ketiga dari enam bersaudara ini mengaku bahwa penamaan Handayani ini diambil dari adiknya yang nomor lima. "Iya kata ayah saya nama Handayani itu bagus dan alhamdulillah kok ya jadi tambah laris, akhirnya malah pakai nama itu terus," lanjutnya sambil tertawa.

Warung yang buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 16.00 menjual berbagai menu makanan dari brongkos, pecel hingga soto. Namun memang yang terkenal adalah brongkosnya. Brongkos ini adalah nasi lalu disiram kuah kehitaman dengan kacang, tahu, telur dan daging, rasanya sangat lezat dan mengenyangkan. Satu porsinya bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp 11.000 sampai Rp 18.000.

Loading...

Kelezatan brongkos Handayani bikin para artis ketagihan

Selain terkenal di seantero Jogjakarta, warung Handayani ini ternyata juga menjadi langganan para artis. Terlihat dari sekeliling dinding warung yang berisi foto-foto para artis yang pernah berkunjung kesana, di antaranya Indy Barens, Guruh Soekarnoputra, Ramzi, Fachry Albar, Ramzi, dan Mathias muchus. "Kalau yang mesti kesini tiap ke Jogja itu Surya Syaputra, Slamet Rahardjo dan mas Butet," pungkas Tri.

Nah kamu tertarik menjajal kuliner khas Jogja ini? Segera meluncur ke alun-alun kidul, namun jangan datang saat jam makan siang karena dijamin bakal ramai sekali dan kamu gak bakal dapat tempat duduk.