×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Wajib dikunjungi saat ke Jogja, kuliner belut lezat khas Sleman

0

BRILIO » News

Wajib dikunjungi saat ke Jogja, kuliner belut lezat khas Sleman

Warung-warung belut ini biasanya ramai ketika akhir pekan dan hari libur.

27 / 05 / 2015

Brilio.net - Awal tahun 2014 lalu Dinas Pasar Pemerintah Kabupaten Sleman Yogyakarta meresmikan Pusat Kuliner Belut Godean yang terletak di Jalan Godean km 10. Kamu bisa menemukannya sekitar 1 km sebelah timur Pasar Godean.

Awalnya, seperti dituturkan salah seorang penjual olahan belut basah, kuliner belut ini berada di area Pasar Godean, dengan alasan ketertiban karena para pembeli bermobil seringkali memarkir kendaraan di pinggir jalan yang menyebabkan macet, maka dilokalkanlah olahan belut ini oleh pemerintah.

Ketika memasuki sentra olahan belut ini, kamu bakal menemui puluhan pedagang jajanan keripik belut. Jika lebih masuk lagi kamu akan menemui olahan belut basah (makanan berat) yang mana mereka adalah pemenang lomba olahan belut yang diadakan pemerintah. Untuk olahan kering sudah lebih dulu yaitu sejak Februari 2014, sedangkan olahan basah baru sejak Januari 2015. Warung-warung belut ini biasanya ramai ketika akhir pekan dan hari libur.

Wajib dikunjungi saat ke Jogja, kuliner belut lezat khas Sleman

"Biasanya yang beli wisatawan-wisatawan dari luar gitu. Sering juga akhir pekan ada yang mesen dimasakin khusus untuk rombongan, terus mereka makan bareng-bareng di sini," kata Atin, salah seorang pengolah belut basah, ketika ditemui brilio.net di lokasi, Selasa (26/5).

Di sentra kuliner ini, belut didapat dari Jawa Timur sebab budidaya belut yang ada di Kulon Progo masih belum mampu memenuhi kebutuhan belut di sini. Harga belut hidup kisaran Rp 38.000-45.000 tergantung ukuran serta musim. Semisal saat bulan purnama belut malah menjadi langka.

Wajib dikunjungi saat ke Jogja, kuliner belut lezat khas Sleman

Wajib dikunjungi saat ke Jogja, kuliner belut lezat khas Sleman

"Kalau pas padang bulan itu belut susah, nggak tau kenapa. Terus dia juga kanibal, jadi kalau nggak dikasih makan suka makan sesama." tutur Doni, putra pemilik warung belut.

Empat warung olahan belut basah di sini masing-masinng menyediakan menu yang berbeda. Di Lesehan Pendopo milik Mbak Atin tersedia rica-rica belut, gulai belut, belut geprek, bothok belut, aneka sambal belut, belut goreng pedas manis, serta aneka saos belut. Warung yang lain menawarkan rendang belut, tongseng belut, balado belut, opor belut, serta oseng belut. Lain lagi warung Rahmah, di sini disajikan belut goreng pandan, sambel belut goreng, wader goreng, sambel wader. Sedangkan warung Yu Sud punya masakan khas mangut belut.

Keripik belut dihargai Rp 90.000-100.000 per kg. Serta olahan basah kisaran Rp 15.000 per porsi.

Kamu tertarik mencicipi kuliner unik ini? Kalau berkunjung ke Jogja sempatkanlah mampir ya!




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more