Brilio.net - Subjek yang memengaruhi dunia ternyata tak cuma manusia. Hewan, biarpun dikenal sebagai makhluk tak berakal, namun beberapa di antaranya memiliki kecerdasan tertentu dan bisa mengerti kode yang disampaikan manusia padanya. Lebih dari itu, beberapa hewan tercatat mampu memengaruhi kehidupan umat manusia dengan membuat kejadian besar.

Seperti dikutip brilio.net dari Top Tenz, Minggu (20/9), berikut ini merupakan 5 hewan tersebut.

1. Anjing luar angkasa Belka dan Strelka

5 Hewan ini sungguh pintar, pernah sangat berjasa dalam kehidupan

Duo anjing ini melakukan orbit selama 24 jam di sekitar Bumi dengan sebuah kapal ruang angkasa dan berhasil kembali dengan aman. Penerbangan ruang angkasa mereka beserta akrobat nol gravitasi Belka dengan penjagaan dari Strelka kemudian disiarkan di televisi.

Loading...

2. Anjing penyelamat rekan-rekannya, Balto

5 Hewan ini sungguh pintar, pernah sangat berjasa dalam kehidupan

Pada 1925, Balto memandu kawanannya melalui badai salju yang keras untuk mendapatkan antitoksin untuk mencegah wabah mematikan difteri. Kawanan ini memburu antitoksin dari Anchorage ke Nenana di Alaska yang berjarak 490 km lalu terus ke Nome yang berjarak 777 km dengan kereta luncur anjing.

3. Kuda penghasil serum untuk antitoksin difteri, Jim

5 Hewan ini sungguh pintar, pernah sangat berjasa dalam kehidupan

Sejak wabah difteri tersebar luas, ilmuwan Jerman Emil von Behring menemukan antitoksin untuk melawan difteri. Untuk menghasilkannya, diperlukan darah beberapa hewan yang bisa menghasilkan serum. Salah satu hewan yang berjasa itu adalah seekor kuda bernama Jim. Namun sayang, jasa Jim terhenti sebab dia terserang tetanus yang menyebabkan kematian.

4. Merpati penyelamat tentara Amerika, Cher Amy

5 Hewan ini sungguh pintar, pernah sangat berjasa dalam kehidupan

Selama Perang Dunia II Cher Ami telah mengantarkan 12 surat penting untuk tentara Amerika di Verdun, Prancis. Kisah paling heroik Cher Amy adalah pengiriman surat terakhirnya. Setelah terkena tembakan di bagian dada dan salah satu kakinya, dia tetap kembali ke kandangnya untuk menginformasikan bahwa tentara Amerika berada di jalur musuh. Dari kabar yang dibawanya ini, 194 nyawa berhasil diselamatkan.

5. Hewan kloning pertama dunia, Dolly

5 Hewan ini sungguh pintar, pernah sangat berjasa dalam kehidupan

Hewan yang tak kalah menjadi perbincangan dunia adalah Dolly, si domba hasil kloning. Dolly merupakan hewan mamalia pertama yang sukses menjalani kloning dari sebanyak 277 percobaan. Kesuksesan kloning ini menjadi dasar untuk ilmuwan dalam mempelajari lebih lanjut untuk melakukan kloning dengan metode yang lebih mudah.